Bayi Tampan yang Ditemukan di Delima Pekanbaru Diserahkan ke Dinsos

Bayi Tampan yang Ditemukan di Delima Pekanbaru Diserahkan ke Dinsos

Riauaktual.com - Setelah melalui perawatan intensif di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau. Bayi berwajah tampan yang ditemukan warga di Jalan Delima IX Gang Keluarga, Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan sekitar dua minggu lalu diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru, Jumat (5/3/2021).

Penyerahan langsung diberikan oleh Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Polda Riau, AKBP drg Agung Hadi Wijanarko Sp BM kepada Kepala Dinas Sosial Pekanbaru.

Penyerahan juga turut disaksikan Mahyuddin, Ketua Komnas Perlindungan Anak Provinsi Riau, Dewi Arisanty, Penyidik Polsek Tampan, Kasubbit Dokpol Biddokes Polda Riau, Kompol Supriato serta pihak terkait lainya. 

Usai penyerahan Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Polda Riau, AKBP, drg Agung Hadi Wijanarko Sp BM, mengatakan, penyerahan dilakukan setelah dipastikan kondisi kesehatan bayi sehat.

Menurutnya, saat perawatan lebih kurang 13 hari oleh dokter spesialis anak, bayi terpantau dalam keadaan sehat dan mengalami pertumbuhan cukup baik.

Sebelum dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara beberapa minggu lalu, kondisi bayi ini dalam keadaan sedikit memprihatinkan akibat kurang perawatan.

''Pertama datang kondisi normal, tetapi mengalami kerusakan pada beberapa bagian kulit seperti iritasi dan bekas gigitan hewan kecil yang sedikit berpengaruh pada kesehatan bayi,'' jelas dr Agung.

Saat pertama kali datang, berat bayi 2,2 kilogram. Sedangkan, hingga hari ini, berat bayi naik menjadi 2,7 kg dengan panjang badan lebih kurang sudah mencapai sekitar 42 sentimeter. 

''Atas pertimbangan sudah sangat sehat, maka langsung kita serahkan,'' kata dr Agung.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pekanbaru, Mahyuddin mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki tiga calon orang tua asuh yang sebelumnya mengajukan permohonan ke Dinsos Pekanbaru. 

Untuk syarat ketiga calon tersebut, dinilai sama-sama memenuhi syarat. Sehingga untuk penetapan dilakukan penilaian lagi yang diambil dari tingkat pekerjaan calon.

''Calon yang di tetapkan itu dilihat dari pekerjaannya, yaitu hanya sebagai ibu rumah tangga. Alasannya lebih banyak waktu mengurus bayi,'' kata Mahyudin.

Dengan proses penyerahan ini, Mahyudin menyampaikan terimakasih kepada pihak Rumah Sakit Bhayangkara yang telah melakukan perawatan tarhadap bayi selama ini. Terutama terhadap kesehatan bayi yang saat ini sangat sehat dan mengalami pertumbuhan sangat baik.

''Kita tinggal memproses adopsi, jika proses adposi tuntas tinggal melakukan pengawasan dan kemarau perkembangan bayi. Karena meskipun telah di adopsi perkembangan bayi tersebut tetap diawasi Dinsos sampai batas waktu yang ditetapkan sesuai aturan,'' katanya.

Sebelumnya, Bayi malang yang diserahkan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau ke Dinsos tersebut, merupakan bayi yang ditemukan warga Ahad (21/2/2021) lalu dalam keadaan terbungkus di Jalan Delima IX Gang Keluarga, Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

Bayi itu, awalnya ditemukan oleh Edi (36) sekitar pukul 11.00 Wib yang selanjutnya dilaporkan ke pihak Polsek Tampan dan menyerahkan ke RS Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan. (HA)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index