ils/ int

Diduga Lakukan Pungli Prona, Sekdes Desa Gunung Sari Kampar Segera Diadili

Minggu,25 Agustus 2019 - 20:28:25 WIB Di Baca : 811 Kali

Riauaktual.com - Berkas perkara dugaan pungutan liar (Pungli) program nasional agraria (Prona) di Desa Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, telah diterima Pengadilan Tipikor, Pengadilan Negeri Pekanbaru. 

Tersangka dalam perkara ini adalah Sekretaris Desa (Sekdes) Gunung Sari bernama Nurul Hidayah SH. 

''Jadwal sidang nya sudah ditetapkan. Karena berkasnya sudah kita terima,'' kata Panitera Muda (Panmud) Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, Rosdiana Sitorus SH, Ahad (25/8/2019).

Loading...

Sesuai penetapan, sidang perdana untuk mengadili tersangka Nurul Hidayah, dijadwalkan pada hari Selasa (27/8/2019) ini. Nantinya dalam persidangan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kampar, membacakan isi dakwaannya dihadapan majelis hakim.

Untuk persidangan nanti, direncanakan Hakim ketua yang akan mengadili tersangka Nurul ini, Dahlia Panjaitan SH.

Dugaan Pungli itu diketahui terjadi sejak tahun 2016 lalu. Nurul yang saat itu selaku Sekdes, sekaligus merupakan pejabat sementara Kepala Desa (Kades), diduga melakukan pemungutan uang kepada pemohon surat tanah dalam Prona itu. Adapun pungutannya yakni, antara Rp1 juta sampai Rp1,5 juta.

Dari hasil perhitungan yang dilakukan inspektorat Kabupaten Kampar, uang sebanyak Rp295 juta dinikmati oleh tersangka Nurul. Uang ratusan juta itu, diduga hasil dari Pungli.‎

Sesuai perbuatannya, tersangka Nurul dijerat dalam Undang-undang Korupsi Pasal 12 dan Pasal 11, dengan ancaman pidana penjara 5 tampai 20 tahun. (HA)


Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...