'Pak Ogah' Kucingan-kucingan Saat Ditertibkan Polisi

'Pak Ogah' Kucingan-kucingan Saat Ditertibkan Polisi
Seorang pria yang diamankan petugas saat patroli penertiban pak ogah dibeberapa ruas jalan Kota Pekanbaru

Riauaktual.com -Keberadaan Pak Ogah di beberapa ruas jalan Kota Pekanbaru kembali banyak ditemukan. Aksi yang beraroma pungutan liar itu membuat semakin runyam nya wajah jalanan Kota Madani.

Keberadaan pak ogah bukan tak ada penertiban dari instansi terkait, baik dari kepolisian maupun dinas terkait di wilayah Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya melalui Kasatlantas Polresy Pekanbaru Kompol Emil Eka Putra menyebut bahwa pihaknya rutin melakukan patroli penertiban.

"Kita sudah lakukan patroli untuk menertibkan mereka (pak ogah, red). Saat didatangi petugas, mereka lari. Terkesan kucing-kucingan dengan mereka ini," kata Emil, Kamis (16/7).

Dalam patroli beberapa waktu terakhir, kata Emil, pihaknya telah mengamankan sebanyak 4 orang yang menjadi pak ogah. Terhadap mereka, pihak menindak tegas di Mapolresta Pekanbaru.

"Pak ogah nih bandel. Beberapa waktu lalu ada empat orang yang kita dapat, dan mereka kita amankan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi," tegasnya.

Keberadaan pak ogah sering dijumpai di beberapa ruas jalan, yakni di Jalan Tuanku Tambusai dan juga Jalan HR. Soebrantas. Kerja nya mengarahkan pengguna jalan yang hendak berputar arah di U-turn, setelah itu meminta uang.

"Kepada pengguna jalan pun, kita minta untuk tidak memberikan uang kepada mereka. Mereka nih kan ada karena dikasih uang itu," imbuhnya lagi.

Untuk lebih efektif, penertiban pak ogah ini sudah sepatutnya dibantu juga dari instansi lainnya, tidak hanya dari kepolisian saja. Misalnya, keikutsertaan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru ataupun juga dengan bantuan Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP). (RAL)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index