Penerbangan Arab Saudi Dimulai Minggu, Ini Beberapa Aturan Tegas terhadap Calon Penumpang

Penerbangan Arab Saudi Dimulai Minggu, Ini Beberapa Aturan Tegas terhadap Calon Penumpang

Riauaktual.com - Perjalanan udara domestik kembali dibuka di Arab Saudi, Minggu (31/5/2020). Ada yang berbeda dari sebelumnya.

Otoritas penerbangan telah mengeluarkan dan mensosialisasikan aturan baru. Tidak ada penjualan tiket kertas. Semuanya menggunakan tiket elektronik.

"Orang yang ingin bepergian harus datang ke bandara dengan dua hal: tiket elektronik dan memakai masker," ujar Ebrahim Alrwosa, juru bicara Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi kepada televisi Saudi Al Ekhabariya.

"Tidak akan ada kelonggaran menyangkut masker. Penumpang tidak akan diizinkan masuk ke bandara tanpa itu," tegasnya.

Pejabat itu mengatakan bahwa perjalanan masih tidak direkomendasikan kecuali untuk keperluan ekstrem.

Sebagai bagian dari tindakan pencegahan kesehatan terhadap penyebaran virus corona, suhu penumpang juga akan diperiksa saat memasuki bandara. 

"Jika suhu ditemukan tinggi, penumpang akan dikeluarkan dari penerbangan. Aturan jarak sosial juga akan diterapkan di semua utilitas bandara. Harus ada dua meter antara dua orang," tambah Alrwosa, sebagaimana dikutip dari rakyatku.

Lalu, akan ada kursi kosong di antara setiap dua penumpang di pesawat untuk mematuhi pedoman jarak sosial.

Awal pekan ini, Arab Saudi mengumumkan pelonggaran beberapa pembatasan yang sebelumnya diberlakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Mulai Minggu (31/5/2020), pergerakan akan diizinkan setiap hari sejak pukul 06.00 pagi sampai pukul 20.00 malam di seluruh Arab Saudi, kecuali di kota suci Makkah. 

Juga, semua karyawan kembali ke tempat kerja mereka karena kerajaan bergerak menuju pengembalian bertahap ke kehidupan normal.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index