The New Normal di Thailand, Mall Ini Pakai Pedal Untuk Akses Lantai

The New Normal di Thailand, Mall Ini Pakai Pedal Untuk Akses Lantai
Foto: FB Seacon Square

Riauaktual.com - Seacon Square, sebuah pusat perbelanjaan di distrik Prawet, Bangkok menyambut situasi The New Normal di tengah pandemi Covid-19, dengan meniadakan tombol lift untuk mengakses lantai.

Sebagai gantinya, mereka menggunakan pedal injak. Baik di luar atau di dalam lift.

Solusi inovatif yang mulai diperkenalkan pada Minggu (17/5), setelah mall tutup sebulan lebih, diyakini mampu meredam penyebaran Covid-19. Sebab, tombol lift merupakan media yang rawan penyebaran virus Corona, karena termasuk area publik yang disentuh banyak orang.

"Kerja bagus. Saya merasa lebih aman dan nyaman, karena faktanya, tangan kita memang banyak digunakan untuk berbagai aktivitas," kata seorang pengunjung yang hanya mau mengenalkan diri dengan nama Watchaporn, seperti dikutip Reuters, Rabu (20/5).

"Sekarang, kita cukup menginjak pedal untuk mengakses lantai lift. Ini luar biasa," sambungnya.
 
Wakil Presiden Seacon Development Prote Sosothikul mengatakan, lift berpedal meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pengunjung mall.

"Cara termudah untuk terinfeksi Covid-19 adalah ketika Anda menyentuh benda yang telah terkontaminasi. Jika kita menyentuh wajah, virus akan masuk ke mulut, mata, atau apa pun. Untuk mengatasinya, kami datang dengan gagasan lift tanpa tombol tangan. Hanya dengan menginjak pedal, kita dapat mengakses lantai via lift," paparnya.

Thailand kembali membuka mall dan department store pada Minggu (17/5), untuk pertama kalinya sejak memutuskan lockdown pada Maret lalu.

Ini adalah fase kedua pelonggaran lockdown, menyusul kian susutnya jumlah kasus Covid-19 di negara tersebut. Di kuartal pertama tahun ini, negara dengan perekonomian terkuat kedua di Asia Tenggara itu dilaporkan mengalami kontraksi terparah dalam delapan tahun terakhir.

Resesi ekonomi datang lebih cepat dari yang diperkirakan, menyusul ambruknya sektor pariwisata dan sepinya aktivitas domestik.

Kemarin, Bank Sentral Thailand bahkan memangkas suku bunga acuan untuk ketiga kalinya pada tahun ini, hingga menukik ke rekor terendah. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index