Jokowi Berharap Tol Pekanbaru-Dumai Bisa Digunakan di Lebaran 2020

Jumat,21 Februari 2020 - 17:47:11 WIB Di Baca : 454 Kali

Riauaktual.com - Sesuai rencana pengecekan tol Pekanbaru-Dumai dilakukan Jokowi, di akhir kagiatannya. Setelah melakukan pengecekan Presiden Republik Indonesia, berharap sudah dapat digunakan di Bulan April 2020 ini. 

Maksud orang nomor satu di pemerintahan Republik Indonesia itu, tol itu sudah rampung dan dapat digunakan dan dioperasionalkan di hari lebaran Idul Fitri mendatang.

Menurut Jokowi, keberadaan tol ini akan bermanfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi Riau dan di Sumatera.

Loading...

''Harapan kita, Insya Allah pemabangunan Tol dapat diselesaikan pada akhir April 2020 ini. Artinya pada lebaran nanti sudah bisa dipakai, semuanya sudah bisa lewat di sini,'' harap Jokowi.

Sebelum adanya tol ini, dulunya, jarak tempuh Dumai memakan waktu empat sampai lima jam. Maka, jika selesai dibangun tentunya akan mempersingkat jarak tempuh masyarakat.

''Kalau sudah selesai hanya satu setengah jam,'' ujar Jokowi.

Dengan pembangunan Tol Trans Sumatra, Jokowi berharap fungsinya bisa meningkatkan perekonomian. Karena otomatis, pengiriman barang, pengiriman logistik, mobilitas barang semua menjadi lebih cepat. 

''Dengan kesiapan-kesiapan infrastruktur seperti ini, semua lebih cepat. Sehingga nantinya daya saing kita menjadi lebih baik,'' kata Jokowi.

Sedangkan untuk tol Trans Sumatera, kata Jokowi memiliki panjang kurang lebih 2900 kolometer. Sejauh ini, kata dia yang sudah operasi 460 km. 

''Untuk proses konstruksi 490 kilo. Sementara yang dilelang 740 km,'' jelas Jokowi.

Menurut Jokowi, pada tahun 2024 akan diselesaikan semua prosedur terkait untuk pengoperasian jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai.

Menanggapi harapan presiden, Direktur Utama PT Hutama Karya, Bintang Perbowo mengatakan, untuk progres fisik pembangunan tol Permai sudah mencapai 87 persen.

Terkait permasalahan pembebasan lahan, kata dia sudah mencapai 98 persen. Maka, ia menyebutkan, secara keseluruhan progres pembangunan tol Pekanbaru-Dumai ini sudah rampung 90 persen.

Bintang juga menyatakan, menyanggupi harapan presiden. Agar target di Bulan April, pembangunan tol Pekanbaru-Dumai sudah rampung.

''Kami menyanggupi untuk operasional tol pada pertengahan atau akhir April tahun ini. Dengan demikian Tol Permai sudah bisa difungsikan untuk mudik lebaran tahun ini,'' katanya.

Menurut Bintang, setelah rampung. Nantinya, jalan ini akan menghubungkan beberapa kawasan industri di Provinsi Riau, terutama Pekanbaru dan kawasan industri di Dumai dengan jarak tempuh yang jauh lebih singkat. 

''Sesuai harapan presiden. Kami akan mengupayakan semaksimal mungkin supaya tol bisa segera dioperasikan,'' katanya. (HA)




Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com