Presiden Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

Presiden Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia
Paus Fransiskus menandatangani Berkat Damai untuk Bangsa Indonesia yang disodorkan AM Putut Prabantoro dalam audiensi umum di Lapangan Santo Petrus, V

Riauaktual.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah melayangkan surat undangan kepada pemimpin Tahta Suci Vatikan Paus Fransiskus untuk mengunjungi Indonesia. Surat undangan itu dilayangkan Presiden Jokowi menyusul rencana Sri Paus untuk melawat ke tiga negara di Asia Tenggara pada tahun ini.

“Duta Besar Republik Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan Bapak Agus Sriyono sudah bertemu Sekretaris Negara Takhta Suci Vatikan Kardinal Pietro Parolin, pada tanggal 28 Januari 2020, dan menyampaikan undangan Presiden RI Joko Widodo kepada Paus Fransiskus untuk berkunjung ke Indonesia," kata Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Fadjroel mengatakan, Paus Fransiskus rencananya akan berkunjung ke tiga negara di Asia Tenggara, pada September mendatang. Ketiga negara yang akan dikunjungi adalah Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini.

"Ini merupakan langkah yang harus sama-sama kita hargai, karena ini pengejawantahan dari sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan upaya untuk mengatakan kepada dunia bahwa Indonesia adalah tanahnya toleransi, tanah semua agama, dan tanah semua keyakinan," kata Fadjroel.

Pada bulan November tahun lalu, Paus Fransiskus melakukan lawatan ke Asia selama tujuh hari, dengan berkunjung ke Thailand dan Jepang. Kunjungan ke Asia Tenggara ini adalah yang pertama kalinya dalam 40 tahun. 

Jelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin pada 20 Desember 2019 lalu, Paus Fransiskus secara khusus memberikan berkatnya untuk Bangsa Indonesia dan berharap Indonesia hidup dalam damai. Berkat itu menjadi nyata ketika Paus Fransiskus berkenan menandatangani kertas yang bertuliskan Pace Per Il Popolo Indonesiano – La Mia Benedizione, Papa Francesco (Damai untuk Bangsa Indonesia – Berkatku, Papa Fransiskus), pada Rabu (16/10/2019).

Tulisan berisi berkat itu dimintakan Ketua Gerakan Ekayastra Unmada (Semangat Satu Bangsa) AM Putut Prabantoro dan Gora Kunjana, wartawan Investor Daily kepada Paus Fransiskus dalam tradisi audiensi umum yang jatuh setiap hari Rabu.


 

Sumber: Investor Daily (beritasatu)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index