Artikel SBY Cuci Uang Century Mendadak Hilang, Kok Gitu !

Artikel SBY Cuci Uang Century Mendadak Hilang, Kok Gitu !
Asia Sentinel/Net

Riauaktual.com - Publik sempat dibuat tertegun, sebab laman berita Asia Sentinel memberitakan artikel mengenai hasil investigasi tentang konspirasi di balik kasus Bank Century yang akhirnya berubah jadi Bank Mutiara dan dikuasai oleh J Trust.

Artikel berjudul "Indonesia's SBY Governmant: Vast Criminal Conspiracy" ini ditulis langsung oleh pendiri Asia Sentinel, John Berthelsen.

Artikel tersebut sempat menjadi kutipan beberapa media nasional. Pun menjadi perbincangan sejumlah elite politik.

Tapi, saat ini artikel tersebut telah hilang atau dihapus dari media  Asia Sentinel.

Dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (14/9) di laman berita tersebut tertulis page not found 404.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Asia Sentinel mengungkap adanya konspirasi mencuri uang negara hingga 12 miliar dolar AS dan ditemukan pencucian uang melalui perbankan internasional.

Laporan investigasi John ini berdasarkan gugatan Weston Capital International ke Mahkamah Agung Mauritius setebal 488 halaman pekan lalu. Gugatan ini mengungkap 30 pejabat Indonesia yang terlibat skema pencurian uang dan melakukan pencucian uang di bank-bank mancanegara.

Selain itu, laporan investigasi ini juga merujuk pada analisis forensik atas berbagai bukti yang dikumpulkan oleh satuan tugas khusus investigator dan pengacara dari sejumlah negara, antara lain Indonesia, Inggris, Thailand, Singapura, dan Jepang.

Laporan tersebut dilengkapi 80 halaman keterangan di bawah sumpah yang menyeret keterlibatan lembaga keuangan internasional, termasuk Nomura, Standard Chartered Bank, United Overseas Bank (UOB) Singapura, dan lainnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index