Ingin Laptop Anda Awet dan Tak Cepat Rusak? Perhatikan Hal Ini

Ingin Laptop Anda Awet dan Tak Cepat Rusak? Perhatikan Hal Ini
(Foto: Wikihow)

Riauaktual.com -  Laptop merupakan perangkat untuk menunjang pekerjaan atau tugas-tugas pengguna. Seringkali laptop dipakai seharian dan dibawa bepergian.

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini hal-hal yang harus pengguna perhatikan bila ingin memiliki laptop yang awet dan tak cepat rusak.

Hindari Meletakan Laptop di Atas Kasur

Menempatkan laptop di atas kasur bukanlah ide yang bagus. Sebab, laptop memiliki sistem sirkulasi udara, yakni membuang udara panas untuk menjaga suhu perangkat. Bila diletakan di atas kasur, udara panas sulit keluar dan berputar kembali di dalam laptop. Hal inilah yang mengakibatkan laptop lebih cepat mengalami panas.

Hindari Menutup LCD Laptop

Menutup LCD laptop perlu dihindari apabila perangkat telah dipakai dalam waktu yang cukup lama yang mengakibatkan laptop menjadi panas. Karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard bisa menerpa LCD. Inilah yang membahayakan bagi kesehatan layar LCD laptop pengguna.

Jangan Sering Memakai Laptop untuk Bermain Game Berat

Membeli laptop khusus gaming boleh jadi mengharuskan pengguna menyiapkan biaya yang tidak sedikit. Bisa saja gamer memaksa bermain game-game berat seperti GTA V di laptop dengan spesifikasi menengah. Akan tetapi, bermain game berat di laptop ini berpotensi mengakibatkan perangkat menjadi overheat serta dikhawatirkan merusak baterai laptop.

Uninstall Program

Hardisk dengan file yang terlalu sesak bisa memperlambat sistem pada komputer. Menghilangkan software atau game yang tidak diperlukan diharapkan dapat membuat perangkat bekerja lebih mulus.

Perhatikan Ventilasi

Celah ventilasi yang kurang baik bisa mengakibatkan panas yang terlalu berlebih pada perangkat laptop. Usahakan jarak ventilasi laptop dengan dinding minimal 40 cm. Lebih baik lagi bila Anda memasang pendingin ruangan atau AC sehingga diharapkan dapat mengurangi panas berlebih pada laptop.

 

Sumber : okezone

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index