10 Maskapai terbaik sejagat untuk tahun 2018

10 Maskapai terbaik sejagat untuk tahun 2018
foto : internet

Riauaktual.com - Air New Zealand kembali menjadi maskapai terbaik sejagat versi AirlineRatings.com. Ini menjadi yang kelima kalinya berturut-turut Air New Zealand menjadi juara.

Dilansir dari Business Insider, Minggu (5/11), AirlineRatings menilai berdasarkan 13 kriteria termasuk pelayanan, produk yang ditawarkan, dan kondisi keuangan perusahaan. Pada daftar kali ini, tidak ada maskapai dari Amerika Utara masuk.

"Air New Zealand menjadi juara berkat kemampuan finansial yang terus mencetak rekor, inovasi pelayanan, hingga kemampuan memotivasi pekerjanya," ujar Editor Kepala AirlineRatings.com, Geoffrey Thomas.

Dalam daftar tersebut, di urutan ke-10 ialah Japan Airlines. Menurut Thomas, maskapai tersebut saat ini terus berbenah sejak krisis keuangan di 2010-2011. Produk Japan Airlines saat ini sangat memuaskan dan memiliki armada yang modern.

Di urutan ke-9 ialah Cathay Pacific. Maskapai ini telah melewati masa-masa sulit untuk beradaptasi pada para pesaingnya dari Hong Kong dan China. Di mana, Thomas menilai produk Cathay tergolong luar biasa.

Di urutan ke-8 ialah Korean Air. Maskapai ini tergolong satu yang mampu membalikan sejarah di industri penerbangan dunia. Dari yang tidak diminati sama sekali pada era 2000 menjadi maskapai yang sangat dipilih saat ini. "Korean Air terus mencatatkan kekaguman."

Di urutan ke-7 ialah All Nippon Airways (ANA). ANA terus melakukan peningkatan kinerja dalam beberapa tahun terakhir. Thomas memprediksi ANA akan menjadi pesaing serius untuk tahun depan.

Di urutan ke-6 ialah Etihad Airways. Etihad memiliki penawaran produk yang luar biasa. Usai dilanda krisis keuangan, Etihad kini siap untuk bersaing untuk juara di tahun depan.

Di urutan ke-5 ialah Virgin Atlantic Airways milik miliader Richard Branson. Maskapai ini dinilai memberi aura positif dalam pelayanan sehingga memuaskan penilaian penumpang.

Di urutan ke-4 ialah Virgin Australia. Thomas menilai produk yang ditawarkan maskapai ini baik di kelas bisnis maupun ekonomi sangat memuaskan. Para awak kabin pun sangat memberikan pelayanan yang memuaskan.

Di urutan ke-3 ialah Singapore Airlines. Pembaruan maskapai menggunakan A380s akan membuat maskapai ini memperketat persaingan di tahun mendatang.

Di urutan ke-2 ialah Qantas. Di bawah kepemimpinan Alan Joyce, maskapai ini terus melakukan transformasi dan menjadi incaran para investor saham dalam enam tahun terakhir. Qantas juga selalu mendapat penilaian memuaskan dari penumpangnya.

Di urutan pertama ialah Air New Zealand. Meski AirlineRatings memperbanyak kriteria penilaian tahun ini, namun Air New Zealand tetap menjadi yang teratas. Meski tidak memiliki kategori Firts Class dan Business Lounges, akan tetapi, Qantas tetap menjadi juara atas kepuasan pelanggan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index