Dinas PU Diminta Segera Lakukan Engineers Estimate Jembatan Siak IV

Dinas PU Diminta Segera Lakukan Engineers Estimate Jembatan Siak IV
jembatan siak IV (internet)

PEKANBARU (RA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Dewan Perwakilan Rakyat Daearh (DPRD) Provinsi  Riau telah mendapatkan kesepakat agar pembangunan Jembatan Siak IV segera dilanjutkan.

Untuk itu, Dinas Bina Marga sebagai instansi terkait harus segera melakukan penghitungan harga wajar bangunan (Engineers Estimate/EE) jembatan tersebut.
 
Desakan dilakukannya EE itu diungkapkan oleh Asisten II Provinsi  Riau  Masperi kepada wartawan . Menurutnya, tidak ada alasan Dinas Bina Marga menunda-nunda pelaksanaan EE itu.

"Kita sudah sepakat, bahwa pembangunan Siak IV harus dilanjutkan dan  Dinas Bina Marga yang harus melakukan EE terlebih dahulu,"tegasnya.

Masperi mengatakan,  Dinas Bina Marga harus serius ingin melakukan EE Jembatan Siak IV. Karena, sesuai aturan EE itu wajib dilakukan sebelum anggarannya dialokasikan oleh Pemprov Riau. Dan itu harus dilakukan oleh pihak independen.

"Bukan penghitungan dilakukan oleh pemilik proyek atau istilahnya Owner Estimate,"paparnya.

Masperi menyakan, apabila EE telah dilaksanakan , maka selanjutnya Bina Marga mengajukan anggaran pembangunan Siak IV itu ke Bappeda. Setelah itu, Bappeda akan menganggarkannya dalam APBD Riau.

Sementara Kepala Dinas Bina Marga Riau H Syafril Tamun, mengaku jika pihaknya akan segera menyelesaikan EE tersebut. Untuk biaya pelaksanaan EE ini pihaknya menganggarkan Rp 200 juta.

Ketika disinggung berapa perkiraan anggaran yang bakal digelontorkan untuk kelanjutan Siak IV itu, Syafril Tamun mengatakan sekitar Rp108 miliar. "Itu perkiraan saja,"terangnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index