Lapas Bengkalis Butuh Tambahan Personil

Lapas Bengkalis Butuh Tambahan Personil
ilustrasi

RIAU (RA)- Kepala Satuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) kelas II A Bengkalis Sugiyanto mengatakan bahwa jumlah personil pengamanan Lapas Bengkalis yang ada saat ini tidak sebanding dengan jumlah narapida yang ada, untuk perlu penambahan anggota yang sampai saat ini tak kunjung di setujui dari pusat.

"Personil kita yang ada tidak sebanding dengan warga binaan yang ada, kita sudah beberapa kali meminta penambahan tapi belum juga ada realisasinya," kata Sugiyanto.

Dikatakannya juga untuk penambahan personil pengamanan yang ada baru dari Sat Pol PP Bengkalis sebanyak 4 orang, sedangkan personil dari Lapas sendiri hanya 5 orang yang bertugas setiap harinya.

"Untuk petugas satpol PP diperbantukan 2 laki-laki dan 2 perempuan yang bertugas dari pagi hingga pukul 02.30 wib siang," ujarnya.

Dijelaskan juga bahwa jumlah warga binaan yang ada saat ini sekitar 900 lebih dan dibandingkan jumlah personil untuk pengamanan tidak sebanding, karena perbandingan saat ini 1 orang menjaga hampir 200 orang warga binaan.

"Untuk idealnya sesuai Standar Operasionalnya 1 orang menjaga 20 hingga 25 orang warga binaan," jelas Sugiyanto.

Ditambahkannya juga selain butuh tambahan tenaga pengamanan, lapas juga butuh alat detektor untuk pengunjung, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pengunjung yang membawa narkoba dan barang lainnya.

"Selama ini kita geledah masih memakai cara manual, kalau sudah ada alat detektornya maka pengawasan bisa lebih ketat terutama narkoba," pinta Sugiyanto.

 

Laporan : romg

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index