ilustrasi

Musim Hujan, Harga TBS Sawit Riau Turun

Rabu,10 Desember 2014 - 11:12:00 WIB | Di Baca : 72111 Kali

RIAU (RA)- Harga Tandan Buah Segara (TBS) Kelapa Sawit periode 10-16 Desember mencapai Rp1.631,01/kg untuk sawit umur 10 tahun ke atas.

Harga tersebut masih di atas standar dan di atas normal harga petani yaitu Rp1.500 per kilogram. Namun harga tersebut mengalami penurunan Rp24,80/kg dari harga pekan lalu.

Menurut Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulher MS, turunnya harga TBS pada periode bulan November dan Desember ini diakibatkan oleh faktor hujan yang terjadi di seluruh provinsi penghasil kelapa sawit di Indonesia.

Dia menjelaskan bahwa pada musim penghujan buah kelapa sawit itu akan lebih cepat matang. Dengan demikian mengakibatkan produksi TBS Indonesia mengalami peningkatan.

Sedangkan ketika disinggung akibat pasar bebas, dia menyatakan bahwa permintaan periode November dan Desember masih belum berubah secara signifikasi atau konstan.

"Harga TBS ini akibat faktor alami yang ada di Indonesia. Kita berada pada musim penghujan. Hujan mengakibatkan buah cepat masak. Dengan buah masak maka produksi kita naik sedang permintaan dari pasar global masih konstan. Hal itu mengakibatkan stok TBS dalam negeri melimpah dan harga menjadi turun," terang Zulher.

"Walau pekan ini Harga TBS kita turun, namun kalau dilihat lebih baik lagi harga TBS kita masih di atas standar jadi tidak perlu dikhawatirkan," ujar optimis Zulher.

 

Laporan : romg

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com