Akibat APK Caleg yang Masih Terpampang di Hari Ked

Aduh..Dosa Caleg Panwas yang Harus Menanggung

PEKANBARU, RiauAktual.com - Hari kedua masa tenang ini, ternyata atribut milik para calon legislator berupa baliho, banner, maupun spanduk juga bendera partai berbagai ukuran masih terpampang dan bertebaran di sejumlah sudut Kota Pekanbaru, Senin (7/4/2014).

Pantauan di lapangan, mayoritas semua banner dan baliho didominasi gambar caleg dari semua partai politik peserta Pemilihan Umum Legislatif 2014. Lebih mencengangkan, baliho Walikota Pekanbaru sebagai Ketua DPC Demokrat Pekanbaru, Firdaus MT juga masih berdiri kokoh di Jalan Sudirman Pekanbaru.

"Aneh memang, dosa para calon legislatif, Panwaslu yang menanggung. Para tim-tim pemenangan caleg atau partai yang seharusnya membersihkan sendiri. Padahal mereka pastinya sudah tahu kapan masa kampanye dan masa tenang," ujar angota Panwaslu Pekanbaru Bustami Ramzi, ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon tadi.

Tidak hanya menyalahi aturan berkampanye, menurut dia, selain mengganggu keindahan, masih banyaknya banner yang bertebaran mengindikasikan kurang tingginya tingkat kesadaran caleg itu sendiri.

"Masak tidak malu kalau dibongkar paksa sama petugas. Jadi kita himbau kembali parpol untuk membersihkan alat peraga kampanye masing-masing, disamping hari ini kita akan menyurati Satpol PP untuk menindak," kata dia.

Ketika disinggung apakah nantinya ada teguran terhadap Parpol yang belum menurunkan APK, menurut Bustami, sesuai dengan peraturan menurunkan atribut menjadi kewajiban Parpol. Tentu saja menurutnya jika parpol tidak menurunkan atribut dengan kesadaran sendiri. "Ini akan menjadi penilaian negatif di mata masyarakat," pungkasnya. (don)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index