Tahun Depan Penyaluran Raskin Perlu Evaluasi

Tahun Depan Penyaluran Raskin Perlu Evaluasi
Raskin

PEKANBARU (RA)- Menyikapi masih banyaknya penyaluran beras untuk rakyat miskin (raskin) yang tidak tepat sasaran di Kota Pekanbaru. Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Sukri Harto, menginstruksikan Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru dan lurah se-Kota Pekanbaru untuk mengevaluasi data penerima raskin.

Dengan adanya evaluasi nanti, kata Sukri, diharapkan penyaluran raskin di Pekanbaru ke depannya lebih tepat sasaran atau sesuai dengan rumah tangga sasaran (RTS) yang terdaftar sebagai penerima raskin tersebut.

"Penyaluran raskin harus terus dimonitor, terus dipantau dan jelang setiap akhir tahun harus dievaluasi untuk memperbaiki kelemahan yang masih terdapat," katanya usai melakukan monitoring raskin di empat Kecamatan yang ada di Pekanbaru, Selasa (29/10).

Menurut Syukri, Selain data penerima, evaluasi itu juga harus dilakukan untuk kualitas beras, jumlah beras dan waktu penyaluran raskin itu sendiri.

"Sistem penyaluran saat ini seperti apa, kondisi berasnya bagus atau tidak, apakah sudah tepat sasaran atau belum itu harus di inventarisir semua," jelasnya.

Untuk pendataan warga sebagai penerima raskin pada 2014 mendatang, Sukri mengaku memiliki rumus khusus yang dinilai lebih efisen dan tepat sasaran.

"Saya sudah punya rumus khusus dan nanti saya ajarkan kepada petugas bersangkutan, di samping bekerja sama dengan BPS (Badan Pusat Statistik) yang sejauh ini dipercaya pemerintah untuk melakukan pendataan warga sebagai penerima raskin tersebut," ucapnya.

Sebagai informasi tambahan, saat ini ada sekitar 20.7741 RTS yang berhak atas beras raskin. Perbulannya RTS mendapatkan 15 kg beras.

Laporan: Ver
Editor: Don

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index