Tingkat Golput di Pilkada Riau Putaran Kedua Meningkat

Tingkat Golput di Pilkada Riau Putaran Kedua Meningkat
ilustrasi. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Dengan pengunduran waktu Pilkada Riau putaran kedua ini, menurut Bagio, tingkat Golput akan tinggi. Masyarakat akan bosan dengan berbagai pelaksanaan Pilkada yang tak selesai pada satu putaran. Ditambah lagi adanya penundaan putaran kedua tersebut.

"Stigma masyarakat, bahwa yang menang itu adalah yang berduit, memilih juga tidak merubah kehidupan mereka, maka tingkat golput saya prediksi tetap tinggi," ujar Bagio.

Meningkatnya golput, alias tidak memilih dalam Pilkada Riau putaran kedua, sebut Bagio, karena banyaknya kecurangan yang dilakukan pasangan calon. "Saya sampai saat ini menyimpulkan bahwa tingkat kecurangan itu masih tetap besar. Pasti ada curang dan apa lagi dua pasang calon. Kecurangan sistematis itu kan tersembunyi. Dalam pemilukada ya money politik menarik orang pasti ada, terangnya.

Disebutkan Bagio lagi, kemungkinan tingkat golput menurun itu sangat sulit. Namun, kemungkinan tingkat golput meningkat itu lebih memungkinkan. "Memang minat pemilih turun tak signifikan tapi untuk meningkat (jumlah pemilih) tak mudah," pungkasnya. (rrm)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index