Media Asing Sebut Sepak Bola Indonesia seperti Anak Kecil Bermasalah

Media Asing Sebut Sepak Bola Indonesia seperti Anak Kecil Bermasalah
Artikel media asing soal pemberitaan sepak bola Indonesia foxsportsasia.com

Riauaktual.com - Di balik pemberitaan media luar negeri soal kreativitas suporter klub sepak bola Indonesia yang mulai menuai apresiasi, terselip kenyataan pahit yang tak kalah menyedihkan.

Aksi suporter Persija Jakarta The Jakmania pada laga pekan kelima Grup H Piala AFC 2018 saat melawan Johor Darul Takzim (JDT) begitu menyedot atensi publik.

Selain aksi The Jakmania yang menciptakan koreografi berbentuk macan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), jumlah kehadiran penonton juga tak kalah luar biasa.

Hal ini menyusul jumlah penonton yang menyaksikan laga babak penyisihan Piala AFC Grup H di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/4/2018) yang mencapai 60.157 suporter.

Jumlah ini tercatat sebagai rekor tertinggi jumlah penonton dalam ajang Piala AFC.

Bahkan, salah satu media asing menyebut bahwa Indonesia memiliki suporter terbaik yang siap memberikan dukungan baik di level domestik maupun internasional.

Namun, salah satu editor media asing Fox Sports Asia, John Duerden, menyebut dalam artikelnya bahwa di Abad ke-21 ini, sepak bola Indonesia masih menjadi salah satu yang bermasalah.

Artikel media asing soal pemberitaan sepak bola Indonesiafoxsportsasia.com

"Di abad ke-21 ini, dan bahkan sebelumnya, Indonesia telah menjadi salah satu anak bermasalah di sepak bola Asia," tulisnya.

"Sepak bola Indonesia memiliki potensi besar tetapi musuh terbesar mereka adalah selalu terlibat dalam masalah," lanjut Duerden.

Pasalnya, persoalan-persoalan seperti gaji pemain yang tak dibayar oleh klub juga masih menjangkiti persepakbolaan Indonesia.

Namun, Federasi Sepak Bola Asia AFC pun memberi pujian terhadap suporter Persija Jakarta di Piala AFC, terlebih semuanya berlangsung aman, tertib dan lancar.

Sekretaris Jenderal AFC, Dato Windsor, mengatakan bahwa rekor ini menunjukkan minat yang terus meningkat dan daya tarik luas dari kompetisi AFC.

"Saya mengucapkan selamat kepada Persija Jakarta dan juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua klub dan asosiasi anggota kami atas komitmen mereka untuk meningkatkan Piala AFC," kata Dato Windsor, seperti dilansir BolaSport.com dari laman resmi pssi.org.

 

Sumber: Bolasport.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index