PLN Terus Mengulang Cerita Lama

PLN Terus Mengulang Cerita Lama
PLN

PEKANBARU, RiauAktual.com - Pemadaman bergilir selama dua jam setiap malam kembali terjadi di Kota Pekanbaru, kembali alasan PLN karena dua PLTA Ombilin di Sumatera Barat terganggu, mendapat tanggapan mirin dari DPRD Kota Pekanbaru.

Anggota Komisi IV Herwan Nasri menyebut PLN sebagai penyedia layanan yang tidak dapat bekerja maksimal. Sehingga pemadaman yang selama ini terus terjadi tak ada langkah antisipasi kongkrit dari PLN.

"Dengan adanya pemadaman bergilir ini, terulang lagi cerita lama, kita harapkan kepada PLN antisipasi secepatnya. Jangan sampai terus mengkambinghitamkan Ombilin. Alasannya Ombilin rusak, pemeliharaan rutin jaringan, seharusnya kan ada langkah antisipasi," kata Herwan, Senin (20/5/2013).

Pemadaman yang terjadi setiap Jum'at, Sabtu, dan Minggu, terkesan PLN tak maksimal lagi menangani arus listrik. Ditambah, pemadaman terjadi saat masyarakat Kota Pekanbaru yang mayoritas umat muslim, melaksanakan ibadah Shalat Maghrib.

"Jangan saat maghrib lah, kalau bisa diatur. Itu kan waktu-waktu sibuk, anak-anak sedang belajar. Kalau bisa selepas shalat Isya mungkin bisa dilakukan pemadaman kalau memungkinkan tak ada antisipasi lain," kata Herwan.

Herwan juga menegaskan, masyarakat yang memerlukan arus listrik, sangat berharap pembangunan PLTU Tenayan Raya secepatnya dapat difungsikan. Sehingga PLN tak lagi mendapatkan alasan terhadap jaringan interkoneksi dari Ombilin tersebut.

"Kemarin katanya 2013 akhir sudah bisa difungsikan, tapi sekarang kan kita tak lihat perkembangannya. Kita tunggu saja apakah bisa direalisasikan sesuai janji dulu," paparnya.

Angota Komisi IV lainnya, Sigit Yuwono mengatakan, PLN terlalu monoton dan tidak memberikan solusi. Seharusnya, PLN dapat mencarikan jalan keluar bersama pemerintah agar listrik tidak padam setiap Jum'at, Sabtu, Minggu itu.

"Iya, seperti disetting, seharusnya jangan monoton, Sabtu dan Minggu selalu mati lampu, terkesan setiap hari mati lampu, harusnya jangan Sabtu dan Minggu saja lah, ganti juga dengan hari lain," imbuhnya.

Humas PLN Kota Pekanbaru, Darmawi Darsono menjelaskan, pemadaman listrik yang terjadi di Kota Pekanbaru dikarenakan adanya gangguan sistem inter koneksi. Sehingga butuh perbaikan-perbaikan. "Ada juga yang pergantian CEO yang patah, maka kita kerjakan," sebutnya.

Darmawi juga membantah jika pemadaman listrik selalu terjadi di akhir pekan. Meskipun dari fakta lapangan, pemadaman sering terjadi pada Jum'at, Sabtu, dan Minggu. "Tidak mungkin, kita melakukan pekerjaan itu pada hari kerja, tak ada itu hari Minggu," bantahnya lagi.

Ditanya sampai kapan perbaikan jaringan inter koneksi dilakukan, Darmawi dengan enteng menyebutkan sudah dipublikasikan di tiga media di Riau. "Kontraknya sudah sama tiga media itu, sudah kita sebutkan di tiga media itu," sebut Darmawi yang menyatakan tak akan menambah media untuk pengumuman pemadaman listrik lagi, "Cukup tiga itu saja," ulasnya.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index