HOT TOPIC

Kamaruzaman : Bertambah usia SatPol PP, lakukan intropeksi dan evaluasi

Dibaca: 57111 kali  Jumat,19 April 2013 | 11:33:00 WIB
Kamaruzaman : Bertambah usia SatPol PP, lakukan intropeksi dan evaluasi Ket Foto : Wakil Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Kamaruzaman SH

PEKANBARU (RA)- Wakil Ketua komisi I DPRD kota Pekanbaru, Kamaruzaman SH, berucap dengan bertambahnya usia pengabdian SatPol PP, diminta melakukan intropeksi dan evaluasi untuk memperbaiki berbagai kekurangan dan kelemahan yang selama ini terjadi, serta meningkatkan prestasi yang telah dicapai.

Sejalan dengan semakin bertambahnya usia pengabdian Pol PP, tentunya masyarakat mendambakan kinerja Pol PP yang semakin arif, peduli, dan tulus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat demi keberhasilan membangun kepercayaan dan membangun kemitraan.

Politisi partai Demokrat ini juga berucap, dalam konteks membangun kemitraan untuk menciptakan kondisi tertib dan tentram, perlu didukung oleh iklim birokrasi yang mengedepankan aspek kebersamaan (kolegial), konsisten dan sejalan dengan aturan UU yang berlaku (formalistik). Tak lupa ia menghimbau agar Satpol PP ke depannya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya harus lebih mengedepankan "Penataan bukan "Penertiban".

Dijelaskan, hal itu perlu dilakukan mengingat apabila melalui penataan terkandung semangat kebersamaan antara masyarakat dengan aparat dalam mewujudkan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, "Sedang apabila melalui penertiban akan cendrung bertindak secara represif," terangnya.             

Diharapkan pula, Satpol PP sebagai sebuah institusi penyelenggara ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat, harus menampilkan wajah yang tegas namun tetap harmonis. Maksudnya, wajah tegas bukan berarti arogan atau mau menang sendiri, tetapi harus tampil semakin kuat dan kokoh dalam menjalankan tugasnya.

"Selain itu wajah tegas berarti tidak mengenal kompromi dan tidak terpengaruh oleh berbagai godaan yang melanggar hukum dan sumpahnya," harapnya

Terus terang saja, lanjut Kamaruzaman, Selanjutnya momen HUT Satpol PP tahun ini hendaknya dijadikan momentum, agar seluruh Kepala Daerah mengoptimalkan eksistensi Satpol PP, dalam mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan suksesnya Otonomi Daerah, serta dijadikan sebagai sarana untuk melakukan introspeksi dan evaluasi, guna memperbaiki berbagai kekurangan dan kelemahan yang selama ini terjadi, serta meningkatkan prestasi yang telah dicapai.

Laporan: Doni
           


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
shadow