Gubri Apresiasi Capaian Atlet Popnas Riau di Semarang

Gubri Apresiasi Capaian Atlet Popnas Riau di Semarang

Riauaktual.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman sampaikan apresiasinya atas raihan lima besar yang berhasil dicapai di Popnas XIV di Semarang. Riau hanya kalah bersaing dengan daerah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah serta Jatim.

Sedangkan di luar Pulau Jawa, Riau justru peraih medali terbanyak 14 emas, 15 perak dan 15 perunggu. Prestasi ini juga naik dua peringkat dari tahun lalu yang saat itu menduduki posisi tujuh.

"Kita ucapkan selamat atas nama pemerintah dan masyarakat Riau, Popnas Riau bisa meraih 5 besar," kata Gubernur Riau yang biasa disapa Andi Rachman, Jumat (22/9/17).

Keberhasilan Riau mampu menembus lima besar, diharapkan akan mampu meningkat lagi pada masa yang akan datang. Sehingga melalui olahraga, akan mampu berkontribusi mengharumkan nama Riau.

Hal ini sejalan dengan apa yang telah disampaikan orang nomor satu di Riau ini pada pelepasa atlet Popnas di Gedung Daerah sebelum bertanding, agar bisa mengharumkan nama Riau. Karena olahraga juga dapat berkontribusi seperti halnya  sektor lainnya seperti pendidikan, ekonomi.

"Sesuai dengan saat kita melepas tim olahraga d Riau di Gubernuran dulu, saya sampaikan bahwa olahraga harus berkontribusi juga untuk daerah dan negara. Olahraga ini sudah sejajar dengan sektor lain seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan. Apalagi ini membawa nama harum provinsi. Tentu saja diharapkan ke depan para altet kita akan bisa berbicara di tingkat lebih tinggi lagi," papar Andi.

"Kita inikan kalau dibanding daerah-daerah Pulau Jawa, mereka dari segi jumlah penduduk dan bibit olahraga memang lebih banyak. Tapi kita kalau dibandingkan di luar Jawa atau Sumatera misalnya, Riau lebih baik. Kedepan harapan kita bagaimana bisa lebih baik lagi posisinya," harap Andi lagi.

Sebelumnya, kontingen Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Riau mencatatkan sejarah baru untuk dunia olahraga pelajar di Provinsi Riau dengan berhasil meraih posisi 5 besar. Bahkan untuk wilayah Sumatera, Riau menjadi yang terkuat dengan meraih juara umum.

Perolehan medali Riau pada Popnas XIV di Semarang, 14 emas, 15 perak dan 15 perunggu, yang telah resmi ditutup, Rabu (20/9/217) lalu. Pada Popnas XIII lalu Riau berada di posisi 7 dengan torehan 8 medali emas. Dengan demikian tahun ini Riau naik dua tingkat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau, Doni Aprialdi, bersyukur atas prestasi yang meningkat dari atlet-atlet pelajar Riau. Sesuai dengan harapan dari Gubernur Riau, raih prestasi bawa nama harum Riau di tingkat Nasional.

"Alhamdulillah, apa yang kita targetkan masuk lima besar akhirnya terwujud. Anak-anak bertanding dengan semangat juang yang tinggi, mereka berjuang membawa harum nama Riau. Ini juga tidak terlepas dari dukungan dari Gubernur Riau yang memberikan semangat saat melepas kontingen Riau," ujar Doni.

"Peringkat lima besar dibacakan langsung saat penutupan Popnas oleh Menpora. Tentu nama Riau ikut didengar oleh seluruh peserta Popnas dan juga undangan lainnya," jelas Doni.

Usai pelaksanaan Popnas XIV ini, mantan Kepala Badan Penghubung ini menambahkan, banyak perubahan yang terjadi pada cabang olahraga yang dipertandingkan. Terutama bagi cabang olahraga yang sudah masuk dalam program latihan Pusat Pendidikan dan Laihan Pelajar (PPLP) Riau.

14 medali emas Riau tersebut diraih oleh beberapa cabor, di antaranya, renang 5 emas, senam 4 emas, atletik 1 emas, gulat 1 emas dan silat menyumbangkan 2 emas, dan terakhir cabor tinju meraih 1 medali emas.

Juara umum Popnas XIV tahun 2017 diraih oleh Jawa Barat dengan torehan 58 medali emas, 44 perak dan 54 perunggu. Peringkat kedua DKI Jakarta dengan torehan, 55 emas, 44 perak dan 44 perunggu. Disusul peringkat ketiga, Jawa Tengah, 39 emas, 38 perak dan 54 perunggu, dan di posisi keempat Jawa Timur, 33 emas, 29 perak dan 49 perunggu. (yai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index