Lakukan Tinjauan, DPRD Soroti 4 Bangunan di Pekanbaru yang tak Penuhi Sertifikat Laik Gedung

Lakukan Tinjauan, DPRD Soroti 4 Bangunan di Pekanbaru yang tak Penuhi Sertifikat Laik Gedung
Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, meninjau lokasi instalasi pengolahan limbah di PT Indofood Pekanbaru

Riauaktual.com - Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, menyorot 4 pembangunan yang ada di Kota Pekanbaru yang tidak memenuhi sertifikat laik fungsi gedung dari rekomendasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) serta Analisa Dampak Lalu Lintas (Andal lalin) dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru.

 

Hal itu diketahui saat Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, yang dikomandoi oleh Roni Amriel, meninjau 4 titik lokasi, Rabu (06/09/17). Kunjungan lapangan (Kunlap) mengarah ke bangunan hotel Pangeran, hotel Ibis dan hotel yang ada di Jalan Riau. Sementara 1 bangunan lainnya ada di PT Indofood Pekanbaru.

 

"Di 4 lokasi yang kita kunjungi dokumennya harus dipenuhi, pekan depan kita akan undang satu per satu untuk memperlihatkan kepatuhan mereka terhadap regulasi yang ada dikota ini," ungkap Roni, kepada wartawan, usai menggelar kunlap.

Disebutkannya, sebagai lembaga yang berada di fungsi pengawasan, Komisi IV fokus menjalankan fungsi pengawasannya dalam segala kegiatan yang ada di Kota Pekanbaru. Terutama yang berkaitan dengan regulasi yang harus dipenuhi oleh pengusaha.

"Seperti halnya hotel, kita melihat banyak menerima tamu dan kegiatan lainnya, tentu kita mempertanyakan update andal lalin  mereka termasuk regulasi pemeliharaan lingkungan," terangnya.

Saat meninjau lokasi PT Indofood yang ada di Pekanbaru, rombongan Komisi IV DPRD Pekanbaru sempat melihat pengolahan saluran limbah yang dikeluarkan dari perusahaan tersebut.

Dimana, dalam sistemnya saluran limbah PT Indofood diletak dalam sebuah wadah kolam yang berisi ikan sebelum dibuang ke aliran sungai.

"Pengolahan saluran limbahnya sangat baik, ada kolam ikan sebelum dibuang ke sungai. Muata sungai kita lihat banyak ikan yang hidup. Ini tentu jadi percontohan dengan perusahaan lain agar instalansi pengelolaan air limbahnya itu sesuai dengan mutu dan standar yang ada," jelasnya.

Selain instalasi, pihaknya juga melihat limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang dinilai sangat representatif. "Antara limbah padat dan limbah cair itu dipisahkan. Tentunya ini punya nilai mutu tingkat keamanan yang baik," jelas politisi Golkar tersebut.

Kunlap rombongan Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, dikawal oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru, Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru, Damkar Pekanbaru serta Satpol PP Pekanbaru. (bir)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index