Lagi-Lagi Kepala Daerah Ketahuan Korupsi, Tjahjo: Yang Salah Orangnya

Lagi-Lagi Kepala Daerah Ketahuan Korupsi, Tjahjo: Yang Salah Orangnya
Tjahjo/net

Riauaktual.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyayangkan masih ada kepala daerah yang tersangkut kasus korupsi. Padahal Tjahjo mengklaim terus memberi peringatan kepada seluruh pemimpin daerah selama tiga tahun belakangan.

Namun demikian, tertangkap tangannya Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno yang tersangkut kasus suap terkait pengelolaan dana jasa kesehatan di RSUD Kardinah di Tegal oleh Komisi Pemberantasan Korupsi menandakan ada yang salah dengan orang yang mengisi jabatan kepala daerah.

"Saya sudah tiga tahun ini bilang, ya mudah-mudahan ini yang terakhir terus. Tapi kita sudah tegas. Rencana anggaran, retribusi, masalah upeti dan jual beli jabatan. Yang salah bukan sistemnya, lembaganya, yang salah orangnya," kata Tjahjo kepada wartawan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu (2/9).

Untuk mencegah terjadinya kembali korupsi oleh kepala daerah, pihaknya akan memperkuat keberadaan inspektorat daerah. Tjahjo menjelaskan saat ini peranan inspektorat daerah dalam mengawasi eksekutif sangat lemah sebab posisinya tidak sejajar.

Politisi PDIP ini mengaku telah menggandeng KPK, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk memperkuat inspektorat daerah.

"Sudah dengan KPK dan BPKP, sudah dengan Presiden. Nanti sudah ada rekomendasi kami dengan KPK dengan BPK, penguatan sudah dilaporkan ke presiden," demikian Tjahjo.

 

Sumber : rmol.co

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index