Awas! Rutin Minum Air dari Botol Kemasan Turunkan Kesuburan Pria

Awas! Rutin Minum Air dari Botol Kemasan Turunkan Kesuburan Pria
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Riauaktual.com - Minum air putih sering dikaitkan dengan kesehatan tubuh. Banyak ahli yang menyarankan agar setiap harinya tubuh menerima paling tidak 2 liter air putih.

Bila lupa membawa botol minum, biasanya orang cenderung membeli air putih kemasan dalam botol agar kebutuhan air hariannya tetap terpenuhi. Akan tetapi, konsumsi air putih yang berasal dari botol plastik masih menuai pro kontra.

Beberapa penelitian mengungkapkan minum air putih yang berasal dari botol plastik bukan hal baik untuk kesehatan dan lingkungan. Apalagi bila botol plastik berkali-kali digunakan. Dilansir dari Cosmopolitan, Kamis (31/8/2017), inilah alasan mengapa minum air dari botol kemasan tidak dianjurkan;

1. Berpotensi melepaskan bahan kimia berbahaya ke air

Bila botol plastik diletakkan pada suhu yang terlalu tinggi, lapisan luarnya akan mengalami kerusakan dan berpengaruh pada air. Selain itu, plastik yang memiliki kode daur ulang 3 atau 7 dapat melepaskan zat kimia bisphenol A yang kemudian melepaskan bisphenol S.

Kedua zat kimia itu bisa mencemari air yang ada pada botol. Bila zat kimia itu ikut tertelan bersama air secara terus menerus bisa mengubah sistem endokrin pada tubuh. Selain itu, Anda bisa terkena penyakit kronis seperti diabetes, asma, dan kanker.

2. Menurunkan kesuburan

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa konsumsi air dari botol plastik kemasan bisa menurunkan kesuburan. Hal ini tentunya bukan kabar baik bagi pasangan yang sedang menjalani program kehamilan seperti bayi tabung. Bahan kimia yang terkandung dalam botol kemasan seperti bisphenol A bisa mengganggu proses kehamilan yaitu pembuahan dan implantasi.

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Studi di tahun 2012 mengungkapkan terlalu banyak terpapar zat bisphenol A bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal itu dikarenakan bisphenol A erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

4. Terkena bakteri berbahaya

Apakah Anda termasuk orang yang sering mengisi ulang botol kemasan dengan air yang ada di kantor atau rumah bila isinya sudah habis? Jika iya, Anda harus berhati-hati. Sebab, bisa saja tubuh anda telah dimasuki bakteri berbahaya.

Seperti yang diketahui, terkadang botol plastic berasal dari proses daur ulang sehingga secara tidak langsung botol itu merupakan sarang bakteri. Bila terlalu sering digunakan, akan semakin banyak bakteri yang masuk ke tubuh termasuk karsinogen yang menyebabkan kanker.

Jadi, usahakan sebisa mungkin Anda minum air yang dibawa sendiri menggunakan tumbler atau botol minum yang bukan berbahan plastik seperti botol kemasan. Bila sudah kepepet dan ada kemungkinan terjadi dehidrasi, barulah Anda membeli botol minum kemasan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index