Lulusan Diploma Ingin Sukses Karier? Nih Intip Rahasianya

Lulusan Diploma Ingin Sukses Karier? Nih Intip Rahasianya
Foto: Shutterstock

Riauaktual.com - Bagi lulusan diploma, proses pencarian kerja tidaklah mudah. Pasalnya, meskipun dibekali kekayaan praktik kerja semasa kuliah, ketersediaan lowongan pekerjaan bagi lulusan D3 terbilang sedikit.

Terlebih, jika kamu ingin memiliki karier sesuai dengan bidang yang kamu tekuni. Untuk itulah, diperlukan mental baja demi siap bersaing di dunia bisnis.

Demikian dikatakan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB), Irmansyah. Ia menyatakan, mahasiswa lulusan diploma diharuskan memiliki mentalitas dan keahlian baja disertai dengan ide-ide kreatif.

"Perbaiki hard skill dan soft skill Anda untuk memungkinkan Anda mendapat pekerjaan yang paling banyak diminta," kata Irmansyah seperti dilansir dari laman IPB, Selasa (29/8/2017).

Sementara Kepala Hubungan Alumni Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) IPB Andes Ismayana mengatakan, tantangan yang dihadapi di pasar kerja adalah persaingan ketat.

Persaingan itu, lanjut dia, menuntut institusi pendidikan untuk menyiapkan lulusannya agar diterima di pasar kerja.

"Melalui pembekalan, calon lulusan diharapkan bisa dipersiapkan dengan baik dan siap bersaing dengan rekan kerja mereka. Pembekalan benar-benar sebuah panduan yang baik bagi lulusan diploma untuk melangkah maju," katanya.

Namun, Kepala Sub Bagian Pengembangan Karier Mahasiswa DPKHA IPB Anuraga Jayanegara mengatakan, mahasiswa diploma tidak hanya harus mengejar karier sebagai karyawan di perusahaan saja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan.

Terlebih, mahasiswa diploma telah dibekali berbagai keahlian daripada teori.

Untuk menjadi pengusaha atau pebisnis, seorang pembicara dalam acara Pembekalan Karier di IPB, Septian Jasiah Wijaya mengatakan, mahasiswa harus memiliki jiwa keberanian dan tahu bagaimana cara meraih peluang emas.

Ia menambahkan, menjadi pengusaha juga tak mudah. Ada kalanya ketika memiliki banyak ide kreatif namun tak bisa terealisasi akibat kekurangan modal. "Punya ide bagus tetapi sangat sedikit uang? Jangan biarkan itu menghentikanmu," ungkapnya.

Menjadi pengusaha, lanjut Septian, mungkin akan membuat hari-hari panjang tanpa tidur. Stres juga sangat rentan datang.

"Harus ada hambatan. Anda harus berani dan mempertajam ide-ide, kreatif jika ingin menjadi pengusaha. Pastikan membangun bisnis Anda seputar keterampilan dan pengetahuan Anda," tandasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index