APBD-P 2017 Pemprov Riau Kurangi Belanja ATK dan Perjalanan Dinas

APBD-P 2017 Pemprov Riau Kurangi Belanja ATK dan Perjalanan Dinas
ilustrasi

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah mempersiapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2017 senilai Rp10,3 Triliun, dengan melakukan efiensi pengeluaran.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi, Jumat (4/8/17) kemarin mengatakan, pihaknya tengah mencermati agar jangan sampai kurang‎ sehingga saat penyerahan KUA-PPAS ke DPRD semua harus sudah siap.

"Kita sedang mencermati anggaran itu, baik mengenai mandatori dan distribusi belanja ‎agar betul-betul mencerminkan efesiensi. Jadi hampir sebagian besar itu perjalanan dinas dan belanja ATK kita kurangi,"katanya.

Sehingga nanti saat pembahasan bersama DPRD tinggal mengawasi regulasinya saja. Karena pada umumnya semua ‎anggaran di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkurang disebabkan defisit anggaran, yang diakibatkan bayar hutang yang merupakan kewajiban harus dibayar.

"Makanya sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) kita jauh menurun. Selama ini orang berpikir di Riau serapan tinggi itu bagus, pada kenyataannya serapan yang bagus itu tentu berdampak terhadap sisa belanja berikutnya. Jadi paradigmanya berubah," sebutnya.

‎Pada tahun 2016 belanja anggaran Riau itu disupport oleh dua sumber utama yakni pendapatan dan Silpa. Namun kini hal itu tidak ada lagi. Sebab ‎bagaimana ke depan sumber anggaran harus berbasis pendapatan.‎

"‎Itu yang kita lihat adanya pergeseran. Ke depan berapa pendapatan, itulah yang harus dibelanjakan. Jangan membuat usulan kegiatan melebihi pendapatan yang ada. Dan kita harus berasumsi semua kegiatan harus bisa dijalankan, agar Silpa itu ada karena sisa tender saja," tuturnya. (Nor)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index