Tol Pekanbaru-Padang Dalam Penyusunan Trase

Tol Pekanbaru-Padang Dalam Penyusunan Trase
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Jalur rencana pembangunan jalan Tol Pekanbaru-Padang sedang dalam penyusunan trase. Panjang jalan bebas hambatan yang menghubungkan antara dua ibukota provinsi bertetangga ini hanya 220 kilo meter.

"Sedang dalam penyusunan trase, atau cikal bakal jalur yang akan dilalui tol," kata Asisten II Setdaprov Riau Masperi, sebagaimana dikutip dari mcr, Jum'at.

Jalur tol kedua provinsi yang merupakan bagian dari trans Sumatera ini akan melintasi Pekanbaru, Bangkinang, Pangkalan, Payakumbuh, Bukittinggi serta Padang.

"Trase ini yang sedang disusun ini merupakan yang tak terpisahkan dengan jalur trans Sumatera yang dimulai dari Aceh, Medan, Prapat, Dumai, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang dan Lampung," papar Masperi.

Hanya saja, trase yang sedang disusun tersebut nantinya kembali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk dibuatkan Penetapan Lokasi (Penlok).

"Setelah itu baru mereka mendiskusikan dengan kita lalu Kementerian PUPR baru menetapkan Penloknya. Lokasi inikan nantinya terkoneksitasi dengan jalur trans Sumatera," jelas Masperi.

Ada pun pernyataan Presiden saat meninjau proyek pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai kemarin bahwa untuk jalan tol Pekanbaru-Padang kemungkinan akan dimulai awal tahun mendatang, Masperi tak bisa memastikannya.

Namun jika Penlok jalur tol Pekanbaru-Padang sudah dipastikan, maka akan diikuti dengan proses dimulainya pembangunan. "Trase ini sudah ditentukan. Namun akan dicek ulang oleh Kementerian PUPR untuk ditetapkan lokasinya. Hal ini juga sudah pernah disampaikan kepada Gubernur Riau. Namun tindak lanjut action di lapangan Proyek ini akan dimulai pemantapan lokasinya dulu," terangnya.

"Jadi yang disampaikan Presiden itu baru trase, peta sudah terlihat. Tapi mereka belum meminta kepada Gubernur Riau untuk ditetapkan lokasi. Sementara untuk pembiayaan untuk pembebasan lahan APBN, sedangkan fisik dari konsorsium melalui BUMN," ujar Masperi lagi.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index