Legislatif di Pekanbaru Minta Disdukcapil Tiru Provinsi DKI Dalam Pendataan Pendatang Baru

Legislatif di Pekanbaru Minta Disdukcapil Tiru Provinsi DKI Dalam Pendataan Pendatang Baru
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Pasca Hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah telah berakhir, para pendatang baru pun banyak berdatangan dari berbagai daerah untuk mengadu nasib mencari pekerjaan ke kota Pekanbaru, tidak menutup kemungkinan dengan kondisi adanya pendatang baru ini mengakibatkan berbagai permasalahan baru yang timbul.

Seperti salah satunya yakni banyaknya pengangguran dan meningkatnya tindak kriminalitas di tengah dan sudut kota.

Menanggapi hal ini Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru Hotman Sitompul berharap, kepada pihak terkait untuk melakukan pendataan terhadap para pendatang-pendatang baru yang tidak memiliki identitas diri, hal ini guna mengantisipasi timbulnya persoalan baru terutama tindak kriminalitas.

"Ya, kami minta pihak terkait seperti Disnaker dan Pemko supaya melakukan pengawasan dan pendataan. Seperti halnya di Provinsi DKI disana setiap pendatang baru di data dan diberikan pengisian formulir. Dari itu kami minta pihak lainnya dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk melakukan pendataan terhadap masyarakat pendatang baru," ucap Hotman Sitompul, Selasa (4/7).

Selain itu Politisi Partai PDIP ini juga meminta peran serta mulai dari seperangkat Camat, Lurah, RT dan RW untuk dapat kembali mendata masyarakat di wilayahnya masing-masing agar dapat meminimalisir pendatang baru yang tidak memiliki identitas dan pekerjaan di Kota Pekanbaru.

"Mari saling mengawasi, Camat, Lurah, RT dan RW hendaknya melakukan pendataan ulang pasca lebaran ini agar para pendatang baru yang tidak memiliki pekerjaan dan identitas diri dapat diantisipasi dari awal, sehingga angka pengangguran di Pekanbaru tidak semakin tinggi," tutupnya. (Rr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index