Berupaya Kabur, Provokator Kaburnya Napi Sialang Bungkuk Ditembak

Minggu,25 Juni 2017 - 00:10:30 WIB Di Baca : 5634 Kali

Riauaktual.com - Tim Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau terpaksa menembak betis kanan Irwanto (47) alias Iwan Nina, provokator penyebab kaburnya 473 orang narapidana (napi) Rutan Klas IIB Sialang Bungkuk, Pekanbaru.

Pasalnya ketika hendak ditangkap, napi yang divonis 12 tahun penjara kasus narkoba ini berupa kabur dan menabrak petugas dengan sepeda motor Yamaha RX King, di Desa Ukui, Kabupaten Pelalawan.

"Iwan Nina ini ditangkap kemarin malam. Saat peristiwa tahanan kabur itu, dia baru sehari menjalani hukuman 12 tahun penjara karena kasus narkoba," ucapnya, sebagaimana dikutip dari riauterkini.com.

Kapolda Riau menghimbau bagi napi dan tahanan yang belum kembali ke Rutan Sialang Bungkuk hendaknya segera menyerahkan diri. Karena penyidik sudah mengantongi alamat saudara dan keluarga para napi yang belum tertangkap. Data terakhir ada sebanyak 126 napi yang kabur, Jumat, 5 Mei 2017 lalu.

Ketika itu 442 orang dari 1.870 warga binaan Rutan Sialang Bungkuk kabur. Pemicu kaburnya ratusan tahanan Rutan ini adalah pelayanan yang dianggap tidak manusiawi.

Mulai dari ruang tahanan yang melebih kapasitas, maraknya pungutan liar (pugli) serta "pematik" kerusuhan adalah perlakuan kasar oknum Rutan. Oknum tersebut sering melakukan pemukulan dan tindakan secara tidak manusiawi terhadap salah satu tahanan.

Namun berdasarkan pemeriksaan pihak Polda Riau, para tahanan itu nekad kabur akibat diprovokasi terduga Iwan Nina tersebut.

Iwan sendiri kepada penyidik Polda Riau membantah jika dirinya adalah dalang provokasi tahanan dan napi kabur. Menurut dia, dalangnya adalah Aan, yang hingga kini masih belum tertangkap. Aan juga merupakan napi kasus narkoba.


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com