Bahaya Menggunakan Helm Half Face bagi Biker

Bahaya Menggunakan Helm Half Face bagi Biker
ilustrasi

Riauaktual.com - Helm merupakan salah satu perangkat yang wajib digunakan para pengendara sepeda motor. Helm akan melindungi kepala dari benturan apabila terjadi kecelakaan di jalan raya.

Secara umum, helm dibedakan menjadi dua, yakni full face dan half face. Berbicara keamanan, tentu helm full face akan memberikan perlindungan yang lebih bagi penggunanya.

Aldea Henry, selaku instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika (DAM), distributor sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat, mengungkapkan jika penggunaan helm full face memang lebih aman dibandingkan half face.

"Memang kalau ditanya lebih aman mana, helm full face lebih aman dibandingkan dengan half face. Tapi, memang penggunaan helm yang tidak sesuai seperti helm yang tidak sesuai ukuran, pengunci helm yang rusak, dan kaca helm yang sudah tidak jernih juga penting," katanya di Bandung, Jawa Barat.

Selain itu, Aldea menjelaskan jika penggunaan helm full face dinilai lebih aman, karena melindungi seluruh bagian wajah, termasuk rahang. "Kalau kecelakaan dan rahang yang kena duluan itu pasti si pengendaranya enggak sadarkan diri atau meninggal dunia. Jadi memang hal tersebut harus diperhatikan," kata Aldea, sebagaimana dikutip dari viva.co.id.

Aldea melanjutkan, penggunaan helm yang benar serta kondisi helm adalah hal utama yang perlu diperhatikan juga oleh para biker.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index