Imam Besar Istiqlal: Jihad bukan untuk menciptakan keonaran!

Imam Besar Istiqlal: Jihad bukan untuk menciptakan keonaran!
Nasaruddin Umar

Riauaktual.com -  Berbagai macam agama, suku, adat, dan budaya ada di Indonesia. Menghindari terjadinya perpecahan pemahaman terhadap agama perlu diperdalam untuk menemukan nilai toleransi sekaligus memperkuat perbedaan.

"Marilah kita tanamkan nilai-nilai agama masing-masing untuk kembali memperkuat jiwa Bhinneka Tunggal Ika. Agama itu mestinya mencerahkan. Kita harus menebarkan kedamaian," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar dalam keterangan tertulis, Rabu (24/5).

Menurut Nasaruddin, dalam Islam umat wajib menghormati sesama tanpa melihat agamanya. Jika ada orang mengatasnamakan Islam tapi mudah menghilangkan nyawa orang lain, tak tepat dibilang muslim apalagi jihad.

"Jihad dalam Islam itu untuk menghidupkan orang. Jihad meningkatkan martabat kemanusiaan dan perekonomian masyarakat, bukan untuk menciptakan keonaran dan kesengsaraan. Dalam Islam tidak ada paksaan kalau orang sudah tenang dengan agamanya tidak usah diusik-usik," terang salah satu Kelompok Ahli BNPT ini, sebagaimana dikutip dari merdeka.com.

Dia mengakui, masih ada di masyarakat yang mengusik akidah orang lain. Faktanya banyak contoh orang keliru dalam menggunakan bahasa agama sehingga menimbulkan persoalan besar.

"Betapa kalau kita menggunakan bahasa agama akibatnya sangat besar. Hati-hati menggunakan bahasa agama, jangan gunakan untuk tujuan subyektif atau bisnis dengan memakai ayat atau hadis," tuturnya.

Nasaruddin mendukung tergelarnya dialog lintas agama ini. Menurutnya, dialog seperti ini sudah pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW dengan menggelar dialog lintas agama di Masjid Madinah.

"Dengan terus mendalami dan mengamalkan nilai agama dalam koridor perbedaan, bangsa Indonesia pasti akan kebal dari berbagai pengaruh paham transnasional yang tujuannya ingin memecah belah NKRI," tandasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index