Sekda : SK Pelantikan Wagubri Tinggal Menghitung Hari

Sekda : SK Pelantikan Wagubri Tinggal Menghitung Hari
Sekda Provinsi Ahmad Haziji menyalami ketua DPD RI Oesman Sapta Odang sat acara APPSI. foto : bambang

Riauaktual.com - Sekretaris daerah provinsi Riau Ahmad Haziji mengungkapkan pelantikan Wakil gubernur Riau terpilih Wan Thamrin Hasyim hingga saat ini masih dalam proses di Sekretariat Negara. Sekda meyakini Kemendagri telah menerima dokumen secara lengkap dan memverifikasinya atas hasil pemilihan Wagubri di DPR Riau yang dikirimkannya pada Jumát (18/4) lalu.

Karenanya, Wan Thamrin Hasyim yang terpilih sebagai Wagub Riau sisa jabatan 2014-2019, di rapat paripurna DPRD Riau, Selasa (25/4) masih harus sabar menunggu SK pengangkatan dan pelantikan melalui Menteri Dalam Negeri termasuk jadwal pelantikan yang ditentukan oleh pemerintah pusat.

"By proses, tinggal menunggu keputusan presiden. Kalau proses (verifikasi) di Kemendagri sudah. Tinggal Keppres saja," ujar Ahmad Haziji yang mewakili Gubernur Riau Arsyajuliandi Rachman saat ditemui di sela-sela penandatangan nota kesepahaman DPD RI dengan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di The Westin Hotel, Kuningan, Jakarta, Senin (8/5) malam.

Sekda mengatakan meski pihaknya tidak bisa mendesak-desak Mendagri maupun Presiden. Setelah mengirim lengkap dokumen resmi, selama tiga hari beruntun, Sekda mengatakan pihaknya terus berupaya mengurus SK dan jadwal pelantikan di Kemendagari.

"Saya baru tadi siang ke Kemendagri, Biro Tapem juga Kemendagri kemarin. Gubernur hari  (Rabu) ini juga ke Kemendagri.  Tinggal Mendagri ke Setneg untuk mengurus ke Presiden. Ya...tinggal hitungan hari saja," kata mantan Kepala Bappeda Riau tersebut.

Sekda menyatakan pihaknya pun tidak merasa terganggu dengan belum hadirnya sosok Wagubri karena roda pemerintahah masih berjalan. Kendati jabatan Wagubri dinilai sentral dan kekosongan satu lebih di posisi Wagubri, namun Sekda mengakui belum adanya Wagubri yang mendampingi Gubri Andi Rachman, dikarenakan masih dalam proses.

"Mekanismenya ada, baik partai, DPRD, termasuk mekanisme di Kemendagri dan Presiden. Jadi tidak seperti membalikkan telapak tangan. Semuanya by proses, " kata Haziji yang telah mendampingi Gubri selama sembilan bulan.

Ditanya Gubri Andi Rachman masih mampu mengelola roda pemerintahan meski tanpa didampingi Wagubri. "Yang namanya tugas, tetap harus dihandle," ujarnya. (Bbg)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index