Hari Otda, Sekdaprov Riau: Tingkatkan Tata Kelola Pemda

Hari Otda, Sekdaprov Riau: Tingkatkan Tata Kelola Pemda
sekda prov

Riauaktual.com - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, H Ahmad Hijazi menjadi inspektur upacara (Irup) pada Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXI, di Kantor Gubernur Riau, Selasa (25/4/17).

Hijazi menyampaikan beberapa arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. Ada lima arahan yang diberikan Mendagri untuk ditaati Pemerintah Daerah (Pemda) dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pertama, mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah, harus senantiasa terjalin hubungan yang harmonis antara Kepala Daerah dan DPRD sebagai sesama Unsur Penyelenggara Pemerintah Daerah, termasuk hubungan yang harmonis dengan seluruh Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

"Kedua, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan daerah untuk mewujudkan proses penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik dan profil pemerintahan daerah yang bersih, melalui reformasi birokrasi, serta peningkatan kapasitas dan integritas seluruh penyelenggaraan pemerintahan daerah, baik Kepala Daerah, DPRD, maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ketiga, memprioritaskan program pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, yang didukung dengan pengelolaan sumber-sumber keuangan daerah secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Keempat, meningkatkan Daya Saing Perekonomian Daerah di tengah percaturan ekonomi global dan regional, termasuk era Masyarakat Ekonomi ASEAN, melalui pengelolaan potensi ekonomi daerah yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan dunia usaha.

Kelima, meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik melalui pelayanan informasi dan dokumentasi dan dokumentasi publik di lingkungan Pemerintahan Daerah secara efektif, efisien, dan dapat dipertanggungjawabkan. (NUR)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index