Alasan Penghematan, Pemko Pekanbaru Sudah Berhentikan 750 THL dan Dipastiakn Akan Terus Bertambah

Alasan Penghematan, Pemko Pekanbaru Sudah Berhentikan 750 THL dan Dipastiakn Akan Terus Bertambah
ilustrasi

Riauaktual.com - Guna melakukan penghematan sebesar Rp 4 milliar Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus melakukan pemangkasan sejumlah Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di lingkungan pemerintah tersebut.

Asisten III Sekda Kota Pekanbaru, Mutia Eliza, mengatakan bahwa saat ini secara keseluruhan sudah ada 750 orang THL yang dikurangi dengan wilayah kerja tersebar di seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru. Pengurangan ini disebabkan kondisi keuangan yang terus defisit.

"Sedikitnya dari 750 orang THL sudah kita rumahkan (PHK red). Dengan begitu kita bisa melakukan penghematan pengeluaran APBD Kota Pekanbaru sebanyak Rp 4 miliar lebih," tambah Mutia lagi.

Menurut Mutia, THL yang masuk dalam daftar pengurangan tersebut adalah, mereka yang sudah berumur lebih dari 58 tahun. Hal ini bisa mengurangi beban keuangan Pemko Pekanbaru.

"Ada beberapa orang yang umurnya sudah 58 tahun kita rumahkan. Selain itu, THL yang kita pecat kerena yang bersangkutan melakukan pelanggaran," jelasnya.

Lebih jauh diungkapkan Mutia, kebijakan pengurangan THL ini masih terus akan berlanjut. Untuk itu,  Pihaknya saat ini tengah dilakukan analisa jabatan dan beban kerja, untuk kebutuhan THL di lingkungan Pemko Pekanbaru.

"Ada tim yang sudah dibentuk Pemko, yang sedang turun langsung ke SKPD untuk mendata THL dan beban kerjanya. Ditargetkan pertengahan Mei nanti, analisa jabatan dan beban kerja THL di lingkungan pemko Pekanbaru sudah tuntas," imbuhnya.

Di tahun 2016 lalu, total THL di lingkungan Pemko Pekanbaru mencapai angka 5.847 orang. Akibatnya, Pemko terpaksa mengeluarkan dana sekitar Rp 150 miliar setiap tahun untuk membayar gaji mereka. (yan)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index