Ini Penyebab Prestasi Pendidikan Rohil Turun

Ini Penyebab Prestasi Pendidikan Rohil Turun
Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir Drs H.Surya Arfan M.SI di sela meninjau pelaksaan Ujian Nasional

Riauaktual.com - Semenjak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan bahwa Ujian Nasional (UN) bukan lagi sebagai penentu kelulusan, prestasi pendidikan Rohil menjadi menurun. Hal ini harus disikapi dengan bijak oleh pihak sekolah.

"Sejak tahun lalu UN tidak menjadi penentu kelulusan. Nah kalau dulu masih menjadi penentu bisa kita masuk tiga besar, sekarang malah jauh menurun. Ini jangan sampai terjadi tahun ini," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir Drs H.Surya Arfan M.SI di sela meninjau pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di dua sekolah di Kecamatan Bangko, Selasa (11/04/2017).

Pemantauan UNBK ini dilakukan di SMAS Yayasan perguruan Wahidin dan SMAN1 Bangko, Sekda tampak didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Rohil, M Nasir dan Kepala UPTD Bina Widya Kecamatan Bangko, Fadlun.

Surya Arfan juga mengatakan, sejak tak lagi jadi penentu kini sekolah-sekolah tak lagi melaksanakan try out ataupun terobosan. Padahal upaya ini penting agar memacu siswa giat belajar dan mengingat kembali pelajaran-pelajaran yang menjadi materi dalam pelaksaaan ujian nasional.

Mantan Kadisdikbud Rohil ini menambahkan, tahun ini perdana sekolah-sekolah Rohil melaksnakan UNBK. Hal ini mengingat masih terbatasnya sarana berupa laptop dan komputer. "Hanya sekolah tertentu saja, kemarin tingkat SMK hanya tujuh SMA ini hanya sembilan sekolah di Rohil," paparnya.

Ia berpesan agar hal ini disikapi oleh Disdikbud agar tahun-tahun mendatang bisa meningkat jumlah sekolah yang melaksnakan UNBK. Pusatpun memberikan kemudahan bahwa hanya sekolah yang sanggup saja bisa melakukan UNBK sednagkan yang belum masih secara manual.

"Upayakan tahun depan itu kalau tak bisa semua ya jumlahnya meningkat, memang dewasa ini kita harus bisa berpacu mengikuti perkembangan zaman ujian memakai perangkat komputer yang tersambung ke jaringan internet," pungkasnya. (sgl/dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index