DPRD Desak Pemkab Pengadaan Lahan TPU di Pangkalan Kerinci

DPRD Desak Pemkab Pengadaan Lahan TPU di Pangkalan Kerinci
ilustrasi

Riauaktual.com - Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan mendesak agar Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pelalawan dapat menyegerakan pengadaan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk wilayah Pangkalan Kerinci. Pasalnya, saat ini lahan pemakaman umum yang ada di kompleks perkantoran bakti praja tersebut telah mulai padat oleh kuburan masyarakat.

"Ya, memang kita melihat saat ini lahan pemakaman umum yang ada hanya ada satu di Pangkalan kerinci yakni di TPU kompleks perkantoran Bakti Praja. Dan itu pun kondisinya saat ini sudah mulai padat, meski masih bisa menampung. Untuk itu, sebelum lahan perkuburan ini kian dipadati masyarakat seiring semakin padatnya jumlah penduduk di Pangkalan Kerinci, maka saya minta agar Pemkab Pelalawan dapat segera menyediakan lahan untuk TPU ini. Terlebih lagi jumlah penduduk di Kerinci sudah mencapai ratusan ribu saat ini," ujar Wakil Ketua Komisi 1 DPRD Pelalawan H Abudullah, kemarin di Pangkalankerinci.

Selain itu, sambung politisi besutan Parpol PKS ini, juga diharapkan lahan pekuburan tersebut berada didaerah seperti kelurahan Pangkalan Kerinci Timur, sehingga dengan begitu apabila ada warga yang wafat di daerah tersebut tidak lagi harus makamkan di pemakaman kompleks perkantoran, melainkan dimakamkan di TPU yang ada di kelurahan Pangkalan Kerinci timur tersebut.

" Jadi, saya berharap apa yang saya sampaikan ini bisa segera direalisasikan oleh Pemkab Pelalawan. Pasalnya, walaupun hal ini boleh dikatakan sepele, namun kematian seseorang sudah dipastikan mati dan hanya tinggal menunggu jadwalnya saja. Jadi, pengadaan lahan untuk TPU ini, saya rasa tidak ada mubazirnya dan pasti digunakan oleh masyarakat," sebut sekretaris Fraksi Madani DPRD Pelalawan ini.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Diskessos) Pelalawan May Hendri SSos mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Diskessos pada tahun 2017 ini, menyiapkan lahan seluas dua hektare untuk dijadikan sebagai lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) baru. Dimana upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi semakin berkurang dan kian padatnya lahan untuk penguburan jenazah di kecamatan Pangkalan Kerinci.

" Jadi, tahun 2017 ini, kita akan melakukan pengadaan lahan baru TPU di Ibukota kabupaten Pelalawan yakni kecamatan Pangkalan Kerinci seluas dua hektar. Dan pengadaan lahan ini telah kita bahas bersama Komisi II DPRD Pelalawan pada awal pekan (Selasa, 21/3,red) lalu. Namun demikian, untuk lokasi pengadaan lahan baru dan penataan TPU ini, maka saat ini kita tengah melakukan koordinasi bersama pihak-pihak terkait. Sehingga kita dapat mengetahui lokasi yang tepat untuk lahan baru TPU ini. Sedangkan untuk anggarannya, saat ini juga tengah kita lakukakan penghitannya besarannya anggarannya. Intinya, kita pastikan pada tahun 2017 ini, pengadaan lahan baru TPU ini segera kita realisasikan," pungkasnya. (TR)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index