4 Rumor Xiaomi Mi 6, calon flagship ganas Xiaomi

4 Rumor Xiaomi Mi 6, calon flagship ganas Xiaomi
Rumor Xiaomi Mi 6

Riauaktual.com - Sudah setahun berlalu pasca Xiaomi merilis flagship andalannya, Xiaomi Mi 5. Terpasang dengan berbagai hardware papan atas, desain trendi, dan harga menarik, Mi 5 tentu banyak di minati para pecinta performa ciamik.

Namun Mi 5 sudah berlalu cukup lama, dan kompetitor sudah melahirkan banyak sekali flagship papan atas mereka masing-masing. Sudah saatnya kita membicarakan apa saja yang mungkin diberikan Xiaomi di Mi 6. Berikut ulasannya.

1. Desain

Beberapa waktu lalu, desain Xiaomi MI 6 sudah bocor di berbagai media sosial di China. Tak cuma bocor, gambar prototipnya pun tersebar sudah sejak awal tahun ini. Berikut gambar tersebut.

Menghakimi dari dua gambar tersebut, tak ada perbedaan mencolok antara Mi 5 dan Mi 6. Kedua smartphone ini punya bahasa desain yang hampir sama, terlebih lagi Mi 6 tetap mengusung layar lengkung di bagian belakang perangkatnya.

Melihat dari pola desain Xiaomi sebelumnya, sepertinya varian biasa dari Mi 6 akan mengusung bodi metal atau kaca, sementara varian premium akan mengusung bodi keramik. Hal ini terjadi di Mi 5 dan Mi Mix. Filosofi desain ini bukan tidak mungkin tetap diwariskan ke Mi 6.

Namun melihat fenomena smartphone saat ini di mana bezel minimal jadi tren, mungkin Mi 6 akan ikut arus dengan makin minim bezel dan bodi yang lebih compact. Namun bisa saja juga tidak, karena konsep seperti ini sudah diusung oleh Mi Mix.

2. Layar

Dari segi layar, dirumorkan Mi 6 akan punya dua varian berbeda: varian full HD dan Quad HD. Keduanya akan punya layar sebesar 5.2 inci, yang jika benar berarti akan naik 0,05 inci dari layar 5.15 inci milik Mi 5. Di ukuran ini, penggunaan satu tangan masih bisa dilakukan dengan nyaman.

Namun penggunaan layar dengan resolusi lebih tinggi, ternyata dipicu oleh tren Virtual Reality. Xiaomi digadang-gadang akan ikut meramaikan bursa gadget yang bisa mendukung Google Daydream.

3. Hardware

Soal hardware tentu merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta Xiaomi. Bagaimana tidak, Xiaomi memang terkenal dengan performa di atas rata-rata kelas smartphone dengan rentang harga sama. Dari sini, diharapkan Mi 5 akan mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 835, atau paling tidak Snapdragon 821. Namun jika tidak keduanya, mungkin Xiaomi akan kembali berekspreimen dengan chipset buatan sendiri terbarunya, Surge.

Xiaomi sendiri baru saja merilis adanya chipset bikinan mereka sendiri, yakni Surge S1 yang tersemat dalam Mi 5c. Surge S1 adalah chipset papan tengah yang kini bersaing dengan Snapdragon 625. Chipset ini terdiri dari empat inti Cortex-A53 2.2GHz, dipadu kartu grafis Mali T-680 MP4.

Soal RAM, diharapkan Xiaomi akan mengusung RAM 4GB pada Mi 5. Mungkin juga akan ada versi 'Pro' yang mengusung RAM 6GB. Hal ini masuk akal mengingat konsumen lokal China cukup menggemari smartphone dengan RAM tinggi. Berbagai produsen asal China pun sudah menggunakan RAM 6GB, seperti Oppo, Vivo, OnePlus, dan Huawei.

Baterai berkapasitas 4.000mAh dan juga port USB-C juga diharapkan melengkapi Mi 6.

4. Kamera

Jika berbagai rumor dan bocoran gambar bisa dipercaya, maka kita akan melihat Mi 6 dengan dual kamera. Sama sekali tak mengherankan, mengingat dual kamera telah menjadi tren di berbagai smartphone flagship. Tak ada info tentang bagaimana setup masing-masing kamera pada dual kamera Mi 6.

Rumor lain juga menyebut bahwa Mi 6 akan mengusung sensor IMX 386, yang cukup besar untuk ukuran smartphone yakni 1/2,9 inci. Kamera ini akan mengusung 12 MP sensor dengan 1.25 nanometer pixel, serta phase-detection autofocus. Sensor ini cukup baru, dan baru dipergunakan di smartphone seperti Meizu Mx6 dan Meizu Pro 6.

Jika Anda suka selfie, rumor berhembus bahwa Xiaomi akan memperbaiki setup kamera depan mereka di Mi 6. Flagship ini akan mengusung kamera depan 8MP dengan bukaan f/2.0, dengan sensor Sony IMX268.



Sumber : merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index