Benahi Sistem Pelayanan dan Hindari Pungli

Benahi Sistem Pelayanan dan Hindari Pungli
ilustrasi

Riauaktual.com - Dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  Kota Pekanbaru terus membenahi semua sistem pelayanan di masing -masing bagian. Terutama dalam kepengurusan KTP, KK, perekaman serta yang lainnya.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Baharuddin Ssos, Mengatakan bahwa Disdukcapil kota Pekanbaru melakukan pembenahan sistem untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

"Untuk kedepannya kita akan fokus membenahi semua pelayanan yang  ada di internal. Dengan begitu apa kepengurusan yang dilakukan masyarakat akan lebih cepat dan maksimal," ungkap Baharuddin, sebagaimana dikutip dari kominfo, Jum'at.

Dijelaskan Baharuddin, untuk mendapatkan pelayanan yang baik tentu harus didukung dengan sarana dan prasarana yang cukup seperti mesin perekaman, ketersediaan blangko,  sehingga bisa lebih cepat. Selain itu,  bagi pegawai yang bekerja lebih ditingkatkan.

"Memang saat ini kita ada kendala untuk pengurusan.Karena kita kekurangan mesin dan kekosongan blangko.  Meski begitu kita tetap berkoordinasi dan kerjasama dengan daerah lain untuk meminjam blangko, sehingga bisa kita gunakan," terang Baharuddin.

Baharuddin menambahkan, dalam melayani masyarakat pihaknya akan selalu mempermudah segala kepengurusan, asalkan mengikuti aturan yang berlaku.

"Untuk mengantisipasi kekosongan blangko kita sudah siapkan surat keterangan sementara.  Jadi dengan adanya surat keterangan ini,  masyarakat bisa mempergunakan nya untuk keperluan pengurusan kematian, BPJS  serta yang lainnya.  Surat keterangan atau penganti sementara  yang kita keluarkan ini sangat membantu bagi masyarakat, " ujar Baharuddin.

Baharuddin menerangkan, ia juga mengingatkan kepada bawahannya agar selalu bekerja dengan baik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Bekerjalah dengan iklas dan tanpa pamrih. Selain itu, janganlah melakukan pungli dalam pengurusan " harap Baharuddin.

Dikatakan Baharuddin,  untuk menghindari adanya pungli itu ia menghimbau kepada masyarakat agar bisa mengurusnya sendiri. Sebab belakangan ini,  antusias masyarakat dalam mengurus KTP dan KK cukup tinggi.

"Ini salah satu  untuk menghindari pungli. Makanya, masyarakat datang ke kantor untuk mengurus nya sendiri," ungkap nya.

 Lebih jauh Baharuddin menerangkan, dalam pengurusan apa saja yang dilakukan di tempatnya tidak dipersulit. Tetapi, asalkan masyarakat yang mengurusnya melengkapi semua persyaratannya,  sehingga tidak ada masalah dalam pengurusan nantinya.   

"Siapkan semua kelengkapan persyatatannya yang akan diurus. Jika semua lengkap, sesuai dengan SOP,  maka akan cepat diproses," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index