Karena Tidak Difungsikan

Pemko Dumai Manfaatkan Terminal Domestik Untuk Pelayanan Roro Dumai-Rupat

Pemko Dumai Manfaatkan Terminal Domestik Untuk Pelayanan Roro Dumai-Rupat
Kadishub Dumai H. Bambang Sumantri SH saat meninjau terminal pelabuhan penyemberangan Roro Dumai-Rupat

Riauaktual.com - Pemerintah Kota Dumai sejak sepekan ini telah memanfaatkan bangunan terminal domestik untuk kegiatan pelayanan penyemberangan Roro Dumai-Rupat.

Kepala Dishub Kota Dumai H. Bambang Sumantri SH mengatakan, sejak 2013 bangunan terminal Roro belum difungsikan. Agar kondisinya tak semakin rusak, maka Pemerintah Kota (Pemko) Dumai memanfaatkan untuk kegiatan pelayanan penyemberangan Roro seperti penjualan karcis, ruang tunggu, kantin, mushalla serta ada toilet.

"Kita sudah mengoperasikan Terminal Roro dalam pekan ini, sebelumnya kita lakukan beberapa perbaikan dan membersihkan terminal agar bisa difungsikan. Kita juga membuat jalur antrian kendaraan umum dan jalur untuk kendaraan dengan menurunkan alat berat," paparnya kepada awak media, kemarin.

Menurut Bambang, Dishub Dumai sudah melakukan koordinasi dengan KSOP Dumai terkait perbaikan dermaga pelabuhan penumpang yang pada tahun ini akan turun bantuan dari Kementrian Perhubungan, dan mudah-mudahan terminal penumpang antar pulau akan dipindahkan dari terminal Pelindo ke dermaga Pemko Dumai.

"Perbaikan dermaga pelabuhan penumpang menggunakan anggaran dari kementerian. Setelah semuanya sudah bisa digunakan,kalau semuanya sudah dilakukan perbaikan secara bertahap,"ungkapnya.

Dengan dioperasikannya Kawasan Pelabuhan Terpadu ini, kedepannya diharapkan mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat dan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Selain itu, di kawasan pelabuhan terpadu itu akan dikembangkan pusat kuliner malam untuk Kota Dumai.

"Tempatnya sudah memadai, hanya tinggal bagaimana menata dan mengkelolanya dengan baik saja yang akan terbuka untuk masyarakat umum yang akan melihat keindahan laut," katanya. (rel)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index