Keuangan Daerah Mengalami Defisit, PAD Harus Ditingkatkan

Keuangan Daerah Mengalami Defisit, PAD Harus Ditingkatkan
Bupati didampingi ketua DPRD Rohil saat kunker ke kecamatan Bagansinembah baru ini (Zaini)

Riauaktual.com - Banyak cara untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), terutama dalam masa sulit seperti ini. Beragam sektor yang dapat dikelola, apalagi potensi yang tersedia cukup menunjang.

"Yang paling penting ada ihtiar dan upaya cinta kepada kampung halaman kita ini, mari gali potensi-potensi pemasukan, sebab mereka (pejabat-red) sudah melalui berbagai pertimbangan untuk menjabat disuatu dinas atau badan kantornya," kata Bupati Rokan Hilir H Suyatno belum lama ini di Bagansiapiapi.

Menurutnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti usaha rumah tangga baik makanan, minuman dan produk olahan lain terutama di kota Bagansiapiapi ini dimana kegiatan perekonomian masyarakat berjalan tinggi.H Suyatno mengingatkan bahwa kondisi daerah saat ini masih mengalami defisit anggaran sehingga tidak mungkin bisa menyandarkan seluruh kegiatan dari APBD saja.

"Banyak di daerah kita ini tersedia potensi alam sesuai dengan karakteristik yang ada. Tinggal lagi bagaimana masyarakat dapat kreatif untuk mengupayakan lahirnya kegiatan yang memiliki nilai ekonomis sehingga pada gilirannya dapat mendongkrak PAD bagi daerah," ujarnya. "Bila itu dilaksanakan dengan baik tentunya dapat menciptakan lapangan pekerjaan juga," katanya lagi.

Disamping itu bupati juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung langkah dan program yang dilaksanakan pemerintah daerah pada saat ini. Pasalnya keberhasilan pembangunan tidak hanya berkaitan dengan faktor kemampuan anggaran saja atau dari pihak pemerintah tapi perlu dukungan seluruh masyarakat.

Pengembangan ekonomi kreatif ini menurutnya sesuai dengan Visi dan Misi untuk mengembangkan indutsri. Industri yang ditekankan dalam visi dna misi ini adalah sektor ekonomi kretaif sehingga bisa menghasilkan lapangan kerja untuk masyarakat. "Tentu harus melakukan kerja keras agar PAD pada tahun 2017 terealisasi sesuai target.Salah satu harus optimalkan pemungutan retribusi dan pajak. (Zai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index