PAN dukung Anies-Sandi di putaran kedua Pilgub DKI

PAN dukung Anies-Sandi di putaran kedua Pilgub DKI
PAN

Riauaktual.com - Partai Amanat Nasional akan mengalihkan dukungan ke pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno setelah pasangan yang didukungnya, Agus Harinurti-Sylviana Murni kalah di Pilkada DKI Jakarta berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, kemarin.

"PAN ke paslon nomor 3, Anies-Sandi," kata Ketua DPP PAN, Yandri Susanto, di gedung DPR RI, Jakarta, hari ini.

Pasangan Agus Harimurti-Sylviana Murni menempati urutan terbawah versi quick count Lembaga Survei Indonesia, Indikator Politik Indonesia, Saiful Mujani Research anda Consulting (SMRC), Polmark Indonesia dan Litbang Kompas. Agus hanya memperoleh rata-rata 20 persen suara, sementara Anies-Sandi 39 persen dan pasangan calon inkumben Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat bertengger di posisi puncak dengan perolehan rata-rata 42 persen.

Meski KPU DKI Jakarta belum merilis hasil resmi perolehan suara Pilkada, jika merujuk pada hasil cepat lembaga riset, Agus-Sylvi dipastikan tersingkir dan pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi maju ke putaran dua.

Yandi menjelaskan, pengalihan dukungan PAN ke pasangan calon Anies-Sandi lantaran sejak awal partai ini ingin menjadi pesaing Ahok.

"Sudah ada kesepakatan kita dari awal pilkada Jakarta, PAN mencari pesaing Ahok dan PAN enggak mungkin dukung Ahok karena karakter dan etika Ahok tidak sesuai dengan PAN," kata Yandri.

"Insya Allah dalam waktu dekat akan dideklarasikan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan, mengaku akan menggelar rapat internal untuk menentukan langkah selanjutnya terkait putaran kedua Pilkada Jakarta.

"Soal PAN mau kemana, nanti akan kita rapatkan," kata Zulkifli Hasan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index