Surat Suara Di TPS 55 Pekanbaru Hilang!!!

Surat Suara Di TPS 55 Pekanbaru Hilang!!!
ilustrasi

Riauaktual.com - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 55 yang berada di Jalan Melati, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru kehilangan surat suara saat proses pemilihan wali kota dan wakil wali kota di ibukota Provinsi Riau.

Sebagaimana dikutip dari Antarariau, Rabu pagi, sejumlah warga yang telah datang ke TPS yang berada di RT 1/RW11 tersebut tidak dapat memberikan suara lantaran Kotak Suara yang telah disiapkan dalam keadaan kosong.

Surat suara baru dapat ditemukan tiga jam kemudian setelah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berkoordinasi dengan Komisi Pemiliham Umum (KPU) Pekanbaru.

Basirun Ahmad, Lurah Sidomulyo Timur yang ditemui Antara di lokasi mengatakan keterlambatan ini disebabkan kesalahan pendistribusian logistik dari Kecamatan.

"Surat suara masuk ke TPS tetangga, TPS 54 yang seharusnya ke sini," kata Ahmad.

Dia mengatakan membutuhkan waktu cukup lama untuk melacak keberadaan surat suara tersebut karena harus berkoordinasi mulai dari KPPS, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga ke KPU Pekanbaru.

"Kita sempat minta ke KPU, tapi kan surat suara pasti tidak ada lagi di sana karena yang berlebih sudah dimusnahkan," jelasnya.

Ia mengatakan KPU lalu memberikan saran untuk melacak surat suara yang hilang tersebut ke TPS terdekat. Hingga akhirnya ditemukan surat suara di TPS 54 yang berjarak sekitar 2 kilometer.

Pemungutan suara baru dapat dilakukan sekitar pukul 10.30 WIB atau 3,5 jam dari jadwal semula.

Sejumlah pemilih yang ditemui mengaku kecewa dengan kondisi tersebut. Effendi salah seorang warga mengaku telah menunggu dari pagi untuk dapat memberikan suaranya.

"Saya berdagang di pasar, kalau terlambat seperti ini banyak waktu yang terbuang jadinya," katanya.

Komisioner KPU Pekanbaru, Yelli Noviza mengatakan bahwa kejadian itu bukan merupakan unsur kesengajaan. Kemudian, ia juga menambahkan bahwa kejadian seperti ini tidak terjadi di TPS lain.

"Saya yakin ini bukan unsur kesengajaan. Dan sejauh ini tidak ada laporan serupa di TPS lain," ujar Yelli.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index