Alfedri : Salam Tanjak Bukan Untuk Melagak

Alfedri : Salam Tanjak Bukan Untuk Melagak
Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri saat pimpin apel bersama

Riauaktual.com - Kalau ada yang sebut salam tanjak, kita jawab, Salam tanjak. Ini bukan nak melagak tetapi nak membudayakan tanjak siak. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri pada apel bersama, Senin (13/2) di Halaman Kantor Bupati Siak.

Merujuk kepada slogan salam tanjak itu, Alfedri menginstruksikan kepada seluruh ASN untuk menggunakan tanjak dan berbahasa melayu.

Hal tersebut Sesuai dengan surat edaran Bupati Siak tertangal 6 Februari 2017 dan dalam Perda No. 1 Tahun 2015 Tentang Rencana Induk Pengembangan Kebudayaan Melayu di Kabupaten Siak dan Perda No. 14 Tahun 2015 tentang berbahasa dan berpakaian melayu.

"Kita minta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Siak, agar dapat menggunakan tanjak pada hari kamis dan jumat. Memakai tanjak pada hari kamis dan jumat tentu bagian dari kita untuk mewujudkan visi dari Kabupaten Siak, yakni Menjadi Pusat Budaya di Riau dan Indonesia." sebutnya.

Wabup juga mengatakan, Selain melengkapi khasanah berpakaian melayu pada hari Jumat, Pemkab Siak juga merapkan bahasa melayu dalam interaksi komunikasi setiap ASN.

"Setiap jumat kita sudah memakai pakaian melayu, dan penggunan bahasa melayu dapat kita terapkan juga, baik dalam setiap dialog interaksi dan komunikasi, pidato, serta arahan-arahan, serba melayu ini bagian untuk lebih melestarikan dan membudayakan di tengah masyarakat," ungkapnya.

Penggunaan tanjak pada hari Jumat diberlakukan untuk jajaran pendidikan, yakni guru dan peserta didik. "Diharapkan nanti pada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar dapat membuat surat edaran sebagai tindak lanjut ke pak Bupati," pungkasnya.(jas/rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index