Pasca OTT, Animo Masyarakat Meningkat Mengurus KTP Sendiri

Pasca OTT,  Animo Masyarakat Meningkat Mengurus KTP Sendiri
ilustrasi

Riauaktual.com - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru mengatakan bahwa ada hikmah tersendiri bagi pihaknya setelah terjadinya operasi tangkap tangan (OTT) beberapa waktu lalu di kantornya.

Sebab pasca kejadian itu dikatakannya, animo masyarakat untuk mengurus sendiri administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan urusan lainnya semakin tinggi. Hal itu terlihat banyaknya masyarakat yang datang ke kantor Disdukcapil Kota Pekanbaru.

"Alhamdulilllah, kejadian beberapa waktu lalu ada hikmahnya, mulai dari internal Disdukcapil ataupun masyarakat. Untuk internal anggota lebih disiplin dan tidak mau melakukan hal- hal yang melanggar aturan. Sementara masyarakat lebih mau mengurus administrasi kependudukan mereka sendiri tanpa melalui perantara lagi," ungkap Baharuddin.

Dijelaskan Baharuddin, bahwa dengan mengurus kelengkapan administrasi sendiri maka masyarakat akan mengetahui langsung apa apa saja yang harus dikerjakan untuk membuat sebuah KTP ataupun KK.

"Karena syaratnya sangat mudah, dan mereka akan mengerti bahwa lebih gampang mengurus KTP sendiri dibandingkan melalui calo, karena akan mengeluarkan uang yang terbilang besar," ucapnya.

Ditanya berapa jumlah pelayanan pembuatan surat keterangan yang diberikan ‎setiap hari, Baharuddin menjelaskan bahwa dalam sehari ada 100 pelayanan yang diberikan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index