Gubri Kukuhkan Kepala Regional XII BKN

Pemprov Riau Bangun Database Kepegawaian Berbasis IT

Pemprov Riau Bangun Database Kepegawaian Berbasis IT
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengukuhkan Andrayati sebagai Kepala Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Nasional (BKN)

Riauaktual.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengukuhkan Andrayati sebagai Kepala Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang baru. Pengukuhan tersebut dilaksanakan di Gedung Daerah Provinsi Riau di Pekanbaru, Selasa (24/1).

Andrayati sebelumnya menjabat sebagian Inspektur di BKN. Sementara pejabat lama yang tak hadir pada acara pengukuhan ini diberikan amanah menjabat sebagai Kepala Regional I di Jogjakarta. Dalam pidatonya Gubernur Riau menyampaikan selamat kepada Andrayati yang resmi memimpin BKN Regional XII. "Selamat datang bu di Pekanbaru. Nanti teman-teman akan berdiskusi dengan ibu terkait program kepegawaian yang dijalankan. Mohon bantuannya bu," kata Gubernur yang biasa disapa Andi Rachman tersebut.

Gubernur mengatakan, beberapa program yang sedang dijalankan Pemerintah Provinsi Riau yakni membangun database kepegawaian berbasis Informasi Tekhnologi (IT). Dimana nantinya melalui program akan saling terintegrasi termasuk dalam layanan kenaikan kepangkatan dan kepensiunan. Selain itu, Andi juga menyatakan komitmennya dalam menjadikan pegawai yang berintegritas dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai abdi negara.

Dikatakan Gubernur, pada bulan April mendatang Pemerintah Provinsi Riau sudah menggunakan data base kepegawaian berbasis Informasi Tekhnologi (IT). Melalui program ini diharapkan tidak hanya pengintegrasian data yang dapat diakses secara transparan, tetapi pengelolaan data kepegawaian secara otomatis baik kepangkatan mau pun pegawai yang pensiun. "April ini rencananya sudah bisa diresmikan. Melalui data ini untuk mempercepat mengintegrasikan data ASN di Provinsi Riau," ujarnya. Selasa (24/1/17).

Saat ini infrastrukturnya sudah disiapkan di kepegawaian, mulai dari pront officenya mau pun back officenya juga sudah disiapkan. Sementara untuk shoftwarenya juga sedang disiapkan.

Gubri pun menyebut ini sebagai bentuk inovasi dan komitmen dalam meningkatkan pelayanan di kepegawaian. Kemudian melalui komitmen ini pula disebut sebagai upaya Pemprov Riau dalam hal transparansi.

Melalui data ini untuk mempercepat mengintegrasikan data ASN di Provinsi Riau. Ini nanti mengasilkan data otomatis kenaikan pangkat dan juga mereka yang mau pensiun akan naik secara otomatis. Hal ini tentu berbeda dari pengelolaan data yang dilakukan secara manual selama ini. Selain bisa diakses secara transparan, juga jika ada pegawai yang hendak memasuki usia pensiun akan terdata secara otomotis melalui data base tersebut.

Sementara Kepala BKN Bima Arya Wibisana, menyatakan mutasi dan penempatan Kepala Regional XII BKN di Riau ini sebagai wujud penyegaran organisasi. Sejumlah jabatan termasuk Kepala Regional XII Regional BKN sebelumnya juga mendapatkan hal yang sama yang saat ini dipercaya sebagai Kepala Regional I di Jogjakarta.

Hadir pada kesempatan pengukuhan ini Asisten II Setdaprov Riau Masperi, Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan, Kepala Diklat Riau Asrizal serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta berbagai perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). (yai)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index