Ketatnya pasar buat harga minyak dunia naik tipis

Ketatnya pasar buat harga minyak dunia naik tipis
ilustrasi

Riauaktual.com - Harga minyak dunia naik tipis pada Kamis (Jumat pagi WIB). Kenaikan tersebut dipicu pengetatan di pasar minyak sebelum pemangkasan yang disepakati oleh produsen-produsen minyak dunia mulai berlaku.

Pasokan minyak global turun lebih dari 0,6 juta barel per hari pada Desember, menjadi 97,6 juta barel per hari karena produksi Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan non-OPEC lebih rendah.

Produksi minyak mentah OPEC, sekarang termasuk Indonesia, turun 320.000 barel per hari dari tingkat rekor menjadi 33,09 juta barel per hari pada Desember. Penurunan ini disebabkan produksi Arab Saudi lebih rendah dan gangguan di Nigeria menahan pasokan.

Indikasi awal menunjukkan pengurangan produksi OPEC lebih mungkin berlangsung untuk Januari, Arab Saudi dan negara-negara tetangganya melakukan pemotongan pasokan.

Harga jatuh ke posisi terendah sesi setelah Badan Informasi Energi AS (EIA) melaporkan kenaikan tak terduga dalam persediaan minyak mentahnya pekan lalu.

Persediaan minyak mentah komersial AS naik 2,3 juta barel dalam pekan yang berakhir 13 Januari, menjadi 485,5 juta barel, jauh di atas ekspektasi pasar, kata pemerintah.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari, bertambah USD 0,29 menjadi menetap di USD 51,37 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Maret, bertambah USD 0,24 menjadi ditutup pada USD 54,16 per barel di London ICE Futures Exchange.


Sumber : merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index