ilustrasi i Festival Perang Air

Gubri dan Tim Kemenpar RI akan Hadiri Festival Perang Air

Rabu,11 Januari 2017 - 17:59:50 WIB | Di Baca : 7879 Kali

Riauaktual.com - Festival perang air yang akan dilaksanakan pada 28 Januari 2017 mendatang di kota Sagu Selatpanjang rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Riau, Ir Asryadjuliandi Rachman dan dihadiri tim dari Kementerian Pariwisata RI melalui Deputi Segmen Pasar Personal Pariwisata Nusantara dan mancanegara Kemenpar RI.

Perang Air atau lebih dikenal dengan sebutan Cian Cui yang digelar sempena perayaan imlek di Kota Selatpanjang ini telah masuk sebagai salah satu event yang tercatat didalam Calendar of Event Riau 2017.

Pada event ini wisatawan dari berbagai daerah dan luar negeri akan datang untuk merayakan event yang sangat seru ini dimana para wisatawan dapat bermain air dengan menggunakan tembak air sambil berkeliling kota menggunakan becak motor.

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti, Drs H Ismail Arsyad MSi membenarkan bahwa pembukaan festival perang air itu nantinya akan dihadiri langsung oleh gubernur.

"Iya, jika tidak ada halangan pembukaan festival perang air akan dibuka langsung oleh Gubernur Riau dan tim dari Kemenpar, segala persiapan sudah kita laksanakan," kata Ismail, seperti diberitakan riaugreen.com.

Adapun kehadiran tim Kemenpar RI ini adalah untuk merekam data festival perang air tersebut, mulai dari awal acara hingga akhir acara. Rekaman festival perang air ini akan dimasukkan dalam data agenda Kemenpar yang akan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Kemudian data tersebut akan dipromosikan ke setiap propinsi yang ada di Indonesia dan negara luar untuk menarik minat turis domestik dan turis mancanegara.

"Saat ini kami diminta oleh Disparekraf Propinsi Riau untuk mempersiapkan rounddown rangkaian acara festival tersebut untuk dikirimkan ke Kemenpar sebelum mereka turun kesini. Dengan perekaman acara prosesi ini Kabupaten Kepulauan Meranti ini akan makin dikenal, baik nasional maupun Internasional. Sehingga dapat menarik minat para turis untuk berkunjung melihat keunikan dan keanekaragaman adat budaya di Kabupaten ini," kata Ismail lagi.

Suasana Imlek 2568 tahun 2017 sudah mulai terasa di Selatpanjang. Beberapa ruas jalan sudah dipenuhi lampu lampion, hotel dan penginapan sudah dibooking dan full oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pada tahun ini, perayaan Imlek mulai tanggal 28 Januari hingga 2 Februari 2017. Perang air ini melibatkan ribuan orang yang berbaur bersama dalam sukacita. Waktu yang digunakan untuk perang air sekitar pukul 15.30 WIB hingga 18.00 WIB, selama enam hari berturut-turut.

Perang air di Selatpanjang ini disebut-sebut lebih meriah dari perayaan songkran di Thailand. Pada tahun ini perang air dalam rangka perayaan imlek sudah disosialisasikan agar tidak menggunakan kantong plastik sebagai media air seperti yang dilakukan pada tahun sebelumnya karena menimbulkan sampah di jalan.

"Tahun ini tidak dibenarkan lagi menggunakan kantong plastik, karena bisa menimbulkan sampah. Hanya diperbolehkan memakai tembak air, disetiap simpang nantinya akan disediakan mobil tangki air dari BPBD," terang Ismail.

Untuk diketahui pembukaannya akan dilaksanakan di Jalan Kartini Selatpanjang, tepatnya di depan Hotel Grand Meranti, direncanakan gubernur Riau akan ikut langsung berperang air dan berkeliling kota menggunakan becak.

Share Tweet Google +
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Berita TerkaitIndex