HOT TOPIC

Tahun 2016 terjadi 208 lakalantas di Inhu

Dibaca: 7778 kali  Sabtu,31 Desember 2016 | 11:33:47 WIB
Tahun 2016 terjadi 208 lakalantas di Inhu Ket Foto : ilustrasi

Riauaktual.com - Dalam kurun waktu setahun tahun 2016, terjadi 208 kasus Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) di kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), tingginya kasus Lakalantas ini mengakibatkan 57 nyawa melayang.

Penegasan ini disampaikan oleh Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni SIK melalui Kasat Lantas Polres Inhu AKP Ricky Michael Mandey SIK saat dikonfirmasi wartawan melalui selulernya, kemarin.

"Yang mendominasi lakalantas tersebut biasanya kebanyakan dari kalangan pelajar," ujarnya.

Sepanjang 2016, hingga saat ini (Desember 2016) selain 57 orang meninggal dunia, 181 orang mengalami luka berat dan 173 orang mengalami luka ringan.

"Sedangkan kerugian materil diperkirakan mencapai angka Rp 1,4 Milyar." Ungkapnya.

Dijelaskannya, guna meminimalisir angka kecelakaan berlalu lintas di Kabupaten Inhu, terutama di kalangan pelajar atau anak usia produktif, Sat Lantas Polres Inhu secara khusus menggencarkan program “Police Go To School” dengan sasaran utamanya para siswa SMA sederajat maupun tingkat SMP.

“Kita sudah rutin melakukan program ‘Police Go To School’ ini dengan mendatangi para siswa ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan betapa pentingnya berkendara di jalan raya dengan berhati-hati, agar sampai selamat di tempat tujuan,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga sudah menekankan kepada orang tua siswa  harus terus mengawasi anak-anaknya, jangan sampai melakukan suatu hal yang sekiranya dapat melanggar peraturan lalu lintas di jalan raya.

"Begitu banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan berlalu lintas, dimulai dari ketidaklengkapan kendaraan si pengendara, kondisi jalan yang kurang bagus, sampai aksi ugal-ugalan para siswa setelah sepulang sekolah," ujarnya.

Hal Ini tentunya sangat memprihatinkan, untuk bulan Oktober merupakan angka lakalantas tertinggi di Inhu, "yang memakan korban hingga 10 orang luka berat, 21 Orang luka ringan serta 8 orang meninggal dunia,"tutupnya. (man)


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
shadow