Diskanlut Rohil Optimis Dapat DAK Terbanyak di Riau

Diskanlut Rohil Optimis Dapat DAK Terbanyak di Riau
ilustrasi

BAGANSIAPIAPI (RA) - Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus berupaya untuk mengambil bantuan dana dari pusat agar dapat di kucurkan kembali tahun 2017 mendatang. Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Diskanlut menargetkan akan kembali mendapatkan bantuan DAK untuk Rohil yang terbesar dibanding kabupaten/kota lainnya yang ada di Provinsi Riau.
 
Demikian dikatakan Plt Kadiskanlut Rohil, M Amin Spi, kemarin di Bagansiapiapi. Dikatakan, untuk tahun 2017 pihaknya sudah mengajukan permohonan beberapa bantuan kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui rapat koordinasi belum lama ini yang digelar di Bintan, Kepri. Pada 2016 ini pihaknya telah mendapatkan bantuan jaring udang, jaring Senangin, Fish Finder serta Boat 1 dan 3 GT untuk diserahkan kepada nelayan melalui DAK.
 
"Kita sudah ajukan lagi kemarin. Tiga tahun terahir, kalau untuk bidang perikanan dan kelautan Kabupaten Rohil selalu mendapatkan DAK paling besar di Riau. Tahun ini juga tetap kita upayakan untuk membantu para nelayan," katanya.
 
Dilanjutkan, untuk DAK tahun 2017 mendatang pihaknya telah mengajukan bantuan permohonan bantuan Boat 2GT sebanyak 30 unit dan beberapa bantuan lain seperti fish finder, pengembangan budidaya ikan, keramba dan alat tangkap lainnya yang memang sangat dibutuhkan para nelayan.

"Berapa angka pastinya belum diketahui Rohil dapat berapa, karena kemarin itu masih rapat dulu dengan kementrian keuangan. Kemungkinan akhir november nanti baru diketahui berapa jumlahnya, "ungkap Amin.
 
Dirinya sangat meyakini kalau tahun ini Rohil akan kembali mendapatkan bantuan DAK. Sebab, pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan mantan Mentri Perikanan, Prof Dr Rohmin Dahuri yang masih memiliki akses di kementrian untuk membantu proposal yang telah merka ajukan.

"Beliau katanya bersedia membantu Rohil dibidang perikanan dan kelautan. Beliau juga memiliki wawasan yang luas tentang teknologi maupun program di bidang kelautan dan perikanan. Kalau beliau jadi datang bulan depan ke Rohil, kita akan buatkan seminar dan undang seluruh nelayan dan HNSI agar beliau memberikan pengarahannya, "tutupnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index