BRI Gandeng Startup Bikin Layanan Finasial Digital

BRI Gandeng Startup Bikin Layanan Finasial Digital
ilustrasi
EKONOMI (RA) - Jakarta, Sejalan dengan program pemerintah, BRI turut ambil bagian dalam menumbuhkembangkan dunia startup di Tanah Air. Untuk itu, mereka menggelar BRI Digital Challenge.
 
Lewat ajang ini, para startup ditantang berinovasi memecahkan berbagai macam permasalahan layanan keuangan melalui solusi digital. Sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan keuangan, khususnya para pelaku UMKM.
 
"Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak hal-hal kecil yang dapat dioptimalkan menggunakan teknologi seperti proses berjalannya usaha kecil, urusan pembayaran yang menggunakan sistem cashless yang kini bisa dirasakan dari perkotaan sampai ke pelosok dan berbagai hal lainnya yang bisa dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi yang tepat," kata Hari Siaga Amijarso Corporate Secretary BRI seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima detikINET, Sabtu (1/10/2016). 
 
"Melihat bahwa saat ini semakin banyak masyarkat Indonesia yang paham akan teknologi, kami ingin memanfaatkan BRI Digital Challenge ini untuk mendongkrak kreatifitas untuk meningkatkan produktifitas, efiesiensi sekaligus kualitas hidup masyarakat dengan menciptakan teknologi aplikasi yang bermanfaat" imbuh Hari. 
 
Ada empat tema besar yang dibawa BRI Digital Challenge, yakni empowering UMKM, empowering cashless society, empowering c-generation, dan empowering rural society dengan pemanfaatan satelit BRI (BRIsat)
 
Rangkaian kegiatan BRI Digital Challenge sendiri dimulai 19 Agustus lalu dengan dibukanya proses submisi ide produk atau aplikasi. Sebanyak 792 ide disodorkan oleh lebih dari 1.500 pengambang.
 
Para peserta tersebut tidak saja datang dari berbagai daerah di Indonesia. BRI mencatat ada sejumlah peserta dari berbagai negara, terjauh berasal dari Amerika Serikat.
 
Semua ide yang masuk kemudian dilakukan penyaringan. Pada 15 September lalu, BRI mengumumkan 121 ide yang usung 375 pengembang untuk melaju ke proses akhir. Jumlah ide yang diambil disesuaikan dengan usia BRI yang menginjak 121 tahun pada 16 Desember 2016.
 
Puncak acaranya sendiri adalah hackathon day. Kegiatan ini akan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten pada 30 Sepetmber hingga 1 Oktober 2016. Para finalis BRI Digital Challenge bakal memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 295 Juta. (detik.com) 
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index