DPRD Minta Dishub Tinjau Penyebab Kemacetan di Depan Sekolah Darma Yuhda Pekanbaru

DPRD Minta Dishub Tinjau Penyebab Kemacetan di Depan Sekolah Darma Yuhda Pekanbaru
Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Roni Amriel SH

PEKANBARU (RA) - Perihal kemacetan yang sering terjadi di depan Sekolah Darma Yudha Pekanbaru saat jam sibuk, yang banyak dikeluhkan pengguna jalan, mendapat respon dari kalangan DPRD Pekanbaru.

Ketua komisi IV DPRD Roni Amriel meminta, Dinas Perhubungan (Dishub) segera melakukan tinjauan kelapangan, guna mencari titik persoalan yang menyebabkan warga mengeluh.

"Dishub harus tinjau ke lapangan, ini ada yang salah dalam amdallalin kalau bisa menimbulkan kemacetan yang panjang setiap harinya," kata Roni, Rabu (27/7).

Dijelaskan Politisi Partai Golkar ini, bila dampak kemacetan itu telah mengganggu pengguna jalan lainnya dan terjadi bukan hanya sekali saja, maka Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru harus segera melakukan kajian ulang terhadap Analisis Dampak Lalu Lintas (Andal lalin) Sekolah Darma Yudha tersebut.

Dari hitung-hitungan kasar saja, kata Roni, jika satu kelas di Sekolah Darma Yudha memiliki 20 orang anak, kemudian ada 5 kelas, maka akan ada 100 mobil orangtua murid yang akan parkir mengantar maupun menunggu anak mereka pulang. Sehingga dengan sarana parkir yang dimiliki sekolah tidak maksimal, maka terjadilah parkir di bibir jalan di depan sekolah yang membuat jalan akhirnya smpit.

"Kami yakin, sarana ruang parkir yang tersedia tidak untuk menampung kendaraan yang begitu banyak," ucapnya.

Selain meminta Dishub untuk segera melakukan tinjauan ke sekolah dan memeriksa kembali kondisi Amdallalinnya, Roni juga menyarankan solusi agar kemacetan di depan sekolah itu tidak lagi terjadi, yakni dengan kebijakan sekolah menyediakan bus angkutan anak.

"Supaya orang tua tidak lagi antar jemput anak mereka dengan menggunakan kendaraan pribadi," tuturnya. (DWI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index